Angkasa Pura 2

Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga Beroperasi September 2019

DermagaKamis, 22 Agustus 2019
images.jpeg-5

SIBOLGA (BeritaTrans.com) – Terminal penumpang Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, akan resmi dioperasikan pada September 2019 dan untuk itu PT Pelindo I telah mematangkan berbagai persiapan.

“Awal September sudah dioperasikan,” kata GM Pelindo I Sibolga, Suhari, didampingi Ahmad Sofian selaku Manajer Keuangan dan Umum usai meninjau pelaksanaan simulasi pengoperasian terminal penumpang Pelabuhan Sibolga, Kamis.

Ia mengatakan dari hasil rapat koordinasi yang dilakukan Pelindo Sibolga bersama dengan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP), Lanal Sibolga, dan pihak terkait lain, tidak ada kendala yang berarti menjelang pengoperasian terminal penumpang Pelabuhan Sibolga yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2019 itu.

Pihaknya juga sudah siap untuk mengoperasikan terminal penumpang Pelabuhan Sibolga dan memastikan pada saat pengoperasian tetap dilakukan evaluasi demi peningkatan pelayanan.

“Untuk itulah kami meminta bantuan dari teman-teman media untuk menyampaikan informasi ini bahwa awal September 2019, terminal penumpang Sibolga resmi kami operasikan,” katanya.

Orang nomor satu di Pelindo Sibolga itu juga menyebutkan, aturan serta mekanisme dan pengamanan sudah disiapkan sehingga penumpang aman dan nyaman saat berada di pelabuhan, demikian juga barang bawaan penumpang sudah disiapkan regulasinya.

Jumlah kapal yang melayani penumpang dari pelabuhan Sibolga menuju Pulau Nias sebanyak tiga unit, dan direncanakan ada penambahan satu unit lagi.

“Saat ini ada tiga kapal yang beroperasi yaitu, KM Wira Glory, KM Wira Victory, KM Wira Prime. Dan pihak pengusaha kapal sudah menjanjikan kepada kami, akan menambah satu lagi armada mereka KM Wira Ono Niha. Dengan semakin banyaknya kapal yang beroperasi akan berdampak terhadap aktivitas pelabuhan,” katanya.

Ditanya apa penyebab baru awal September i dioperasikan padahal diresmikan Presiden Jokowi pada Maret lalu, menurut Suheri, ada verifikasi kekuatan pelabuhan, ditambah dengan perbaikan fasilitas.

“Setelah diresmikan Presiden dilakukan dulu verifikasi kekuatan pelabuhan serta perbaikan fasilitas dan peningkatan keamanan penumpang. Setelah pihak direksi dari pusat menyatakan sudah siap dan dapat dioperasikan, baru kami operasikan terminal penumpang Pelabuhan Sibolga tersebut,” katanya.(lia/sumber:antaranews)