Angkasa Pura 2

Balai Teknik Perkeretaapian Jateng Komit Tingkatkan Kompetensi SDM

EmplasemenSenin, 26 Agustus 2019
IMG-20190826-WA0021

IMG-20190826-WA0015

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Sebagai kantor Unit Pengelola Teknis (UPT) dari Ditjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, saat ini menurut Kepala Balai Bram Hertasning, pihaknya memiliki SDM yang begitu banyak dan beragam.

“Kami memiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) 45 orang dan jumlah Pegawai Pemerintah dan Pegawai Negeri (PPNPN) sebanyak 132 orang yang semuanya tersebar di empat Kantor Kegiatan,” ujar Bram di Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/8/2019).

Keempat kantor itu adalah Kantor Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jateng, Kantor Kegiatan Pembangunan Jalur Ganda Cirebon – Kroya, Kantor Kegiatan Peningkatan Jalan Kereta Api Lintas Selatan Jawa I, dan Kantor Kegiatan Peningkatan Jalan Kereta Api Lintas Selatan Jawa II.

IMG-20190826-WA0022

Menurutnya, SDM yang begitu besar ini merupakan potensi yang sangat kuat guna memberikan kontribusi dan sumbangan baik pikiran dan tenaga bagi kemajuan BTP K.I Jateng.

“Untuk itu diperlukan adanya pembinaan dan pengembangan SDM melalui kegiatan Pembinaan Karakter SDM,” ungkapnya.

Pembinaan Karakter SDM dalam organisasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas pribadi atau SDM yang lebih baik. Pada umumnya, kualitas karakter yang baik meliputi kejujuran, menghormati, tanggung jawab, keadilan, kesediaan melayani, keberanian, kebajikan, patuh pada etika dan standar moral positif.

Pelatihan tidak hanya berguna untuk karyawan, tapi juga organisasi. Pengembangan SDM melalui pembinaan Karakter perlu dilakukan secara terencana dan berkesinambungan.

IMG-20190826-WA0016

“Agar pengembangan ini dapat dilaksanakan dengan baik, harus lebih dahulu ditetapkan suatu program pembinaan karakter SDM dan BTP K.I Jateng,” tutur Bram.

Untuk itu telah melakukan program melalui Perjanjian Kerja Sama antara BTP K.I Jateng dan Balai Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Karakter Ciwidey untuk menyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pembangunan Karakter bagi Pegawai Balai Tekni Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nomor : HK-201/03/BTP/JTG-DIY/2019 tanggal 13 Juni 2019.

Kegiatan Pembinaan Karakter SDM BTP K.I Jateng diikuti oleh 109 pegawai dan dibagi menjadi tiga gelombang. Bertempat di kantor Balai Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Karakter Ciwidey, Bandung Selatan.

Kegiatan itu mendorong setiap peserta untuk mau tampil berani, berkomunikasi, dan belajar mengendalikan diri dengan berbagai game menarik, outbond dan rafting, berlangsung selama empat hari dalam setiap gelombang.

IMG-20190826-WA0017

Gelombang pertama pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Karakter SDM BTP K.I Jateng diikuti oleh 39 orang peserta dimulai pada 11 sampai dengan 14 Juli 2019.

Sementara untuk gelombang kedua, diikuti oleh 36 orang peserta, berlangsung dari 18 sampai dengan 21 Juli 2019 dan gelombang ketiga diikuti oleh 32 orang peserta yang dilaksanakan pada 25 sampai dengan 28 Juli 2019.

“Secara umum, diharapkan dengan adanya pelaksanaan diklat pembinaan karakter SDM ini, akan lebih menciptakan dan meningkatkan kualitas dari pegawai BTP K.I Jateng,” ujar dia.

Diantaranya meningkatkan produktivitas kerja, mencapai efisiensi, meminimalisir kerusakan, mengurangi kecelakaan, meningkatkan pelayanan, memelihara moral pegawai, meningkatkan peluang karier.

Selanjutnya juga dapat meningkatkan kemampuan konseptual, meningkatkan kepemimpinan, peningkatan balas jasa, peningkatan pelayana kepada masyarakat, meningkatkan penghayatan jiwa dan ideology, meningkatkan ketetapan perencanaan SDM, dan meningkatkan rangsangan agar pegawai mampu berprestasi secara maksimal.

“Hasil lain yang diharapkan adalah dapat meningkatkan perkembangan pegawai, mengurangi dan menghilangkan kinerja yang buruk, meningkatkan fleksibilitas dari angkatan kerja, meningkatkan komit karyawan, dan mengurangi turn over serta absensi,” pungkas Bram. (omy)

loading...