Angkasa Pura 2

21 Mobil Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, 6 Mobil Terbakar, 9 Orang Tewas

Another News KoridorMonday, 2 September 2019

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kecelakaan beruntun melibatkan 21 kendaraan di ruas Tol Purbaleunyi (Cipularang). Tepatnya di KM 92 arah Jakarta.

“Peristiwanya pukul 12:15 Wib,” kata petugas Jasa Marga saat dihubungi, Senin (2/9/2019). Kecelakaan melibatkan sejumlah truk, kendaraan pribadi dan bus. Beberapa di antaranya terbakar.

8220191599

82201915928

Informasi yang dirilis TVOne menyebutkan kecelakaan beruntun melibatkan 21 kendaraan tersebut mengakibatkan enam mobil terbakar. Sebanyak sembilan orang meninggal dunia akibat musibah itu.

Ambulans bolak-balik untuk mengevakuasi korban meninggal dan luka. Ambulans milik sejumlah pihak terlihat bergantian untuk menolong dan mengevakuasi korban ke rumah sakit.

Humas Tol Purbaleunyi, Nandang Elan belum dapat mengonfirmasi jumlah total korban terdampak. Nandang juga belum dapat memastikan penyebab kejadian tabrak beruntun. Petugas masih melakukan evakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan.

“Masih sampai saat ini proses evakuasi,” kata Nandang.

Pihak tol Purbalenyi menyebut ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun demikian belum dapat dirinci karena sejumlah korban masih didata pihak rumah sakit.

Petugas melakukan sistem contra flow hingga mulai dari kilometer 90. Sementara itu pengalihan arus dilakukan pada kilometer 116 arah Jakarta dengan keluar dari pintu tol Kemuning.

Pantauan di lokasi, petugas masih melakukan evakuasi kendaraan dan korban yang mengalami kecelakaan tersebut. Kasatlantas Polres purwakarta, AKP Ricki Adisaputro, mengatakan seluruh korban sudah dievakuasi ke tiga rumah sakit di Purwakarta, salah satunya RS Thamrin di Jalan Raya Purwakarta Cikampek, Bungur Sari, Purwakarta.

Belum diketahui penyebab pasti kecelakaan melibatkan banyak kendaraan ini. Berdasarkan pantauan di tempat kejadian, ada 15 kendaraan yang terlibat. Sebanyak 9 kendaraan beragam jenis yang ringsek akibat persitiawa ini. Sisanya atau enam kendaaran terbakar.

“Dampaknya ada antrean tapi kita belum dapat informasinya,” katanya. Saat ini petugas masih melakukan penanganan di lokasi. “Sedang ditangani,” katanya.

Kejadian sebelumnya

Sebelumnya tabrakan beruntun melibatkan tujuh kendaraan di Tol Cipularang mengakibatkan delapan orang terluka. Seluruh korban mengalami luka ringan dan menjalani penanganan medis di Rumah Sakit Thamrin Purwakarta.

Insiden kecelakaan itu berlangsung di Km 95.200 jalur B atau tepatnya masuk wilayah Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (17/6/2019), sekitar pukul 16.00 WIB. “Kecelakaan lalu lintas di Tol Cipularang itu mengakibatkan 8 orang mengalami luka-luka,” kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko via pesan singkat.

Menurut Truno, tujuh kendaraan terlibat kecelakaan itu terdiri satu truk kontainer, satu bus angkutan umum dan lima minibus. Ia menjelaskan kronologi kejadian bermula truk kontainer nopol D 9455 AC yang dikemudikan Reynaldi Basri datang dari arah Bandung menuju arah Jakarta melaju di lajur cepat atau di lajur 2.

Setibanya di lokasi kejadian atau di jalan yg lurus dan agak menurun, truk tersebut hilang kendali kemudian banting stir ke kiri jalan atau di lajur lambat. Kemudian, kata Truno, truk menabrak kendaraan Agya nopol B 2202 BOG dikemudikan Idris. Lalu beruntun menabrak Xenia, mobil travel Jackal Holidays, bus Primajasa, Suzuki pikap, dan Toyota Rush.

“Semua kendaraan itu sedang di lajur lambat yg berada di depan truk. Tujuh kendaraan yang terlibat kecelakaan itu mengalami kerusakan,” kata Truno.

(ds/sumber merdeka)