Angkasa Pura 2

Kapal Tongkang Rusak Terumbu Karang Karimunjawa Jateng Diusir dan Didenda

Another News DermagaSelasa, 3 September 2019
kapal tongkang

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Tengah menyatakan, segera mengusir dan menjatuhkan denda bagi kapal tongkang yang nekat berlabuh ke perairan Karimunjawa. Sebab, kebanyakan kapal tongkang yang sandar membuat terumbu karang rusak.

“Kita akan tegas mengusir dan beri sanksi denda kepada pemilik kapal tongkang jika masih ada yang bandel masuk di perairan Karimunjawa,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Tengah, Fendiawan, Selasa (3/9).

Untuk merealisasikan kebijakan itu, pihaknya akan bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTN). Menurut Fendiwan, kapal tongkang tidak seharusnya melewati perairan Karimunjawa.

Dia menyebut, kapal tongkang sudah memiliki jalur sendiri meskipun terjadi gelombang tinggi akibat cuaca buruk.

“Secara aturan, kapal tongkang memang tidak diperbolehkan melintasi atau bersandar di perairan Karimunjawa. Biasanya kapal tongkang itu muat batu bara,” ungkapnya.

Pegiat Greenpeace Indonesia, Dinar Bayu menyayangkan kapal tongkang yang masih saja nekat sandar atau berhenti di Karimunjawa. Hal itu akan berakibat buruk pada habitat laut yang ada di Karimunjawa.

Berdasarkan analisi Greenpeace Indonesia, selama ini kerusakan paling parah di Karimunjawa adalah kerusakan karang. “Kami menyesalkan, padahal di Karimunjawa kerapatan karang masih sangat bagus dibanding wilayah perairan lain di Indonesia,” jelasnya.

Rata-rata kapal tongkang melintasi Karimunjawa ketika musim angin barat dan musim angin timur. Tujuan untuk distribusi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Jawa Tengah.

“Sangat disayangkan, padahal karang di Karimunjawa masih sangat bagus dan rusak gara-gara tongkang,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang ada di Pulau Jawa saat ini berjumlah 19 unit. Berdasarkan data Greenpeace Indonesia, rata-rata Pembangkit Listrik Tenaga Uap tersebut disuplay batubara dari Kalimantan. (ds/sumber merdeka)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari