Angkasa Pura 2

Dirjen Agus Berharap Penyelenggaraan Tol Laut Semakin Baik

DermagaSenin, 9 September 2019
IMG_20190909_084819

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo berharap penyelenggaraan tol laut semakin baik kedepannya.

“Masyarakat sangat mengharapkan ke depan penyelenggaraan program tol laut melalui kewajiban pelayanan publik ini semakin lama semakin baik, berbagai kelemahan tersebut bisa diperbaiki,” tutur Dirjen Agus di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Dalam pembukaan Rapat Koordinasi Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut, Dirjen Agus menyatakan bahwa anggaran yang cukup besar hampir Rp1,5 Triliun harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Dia menekankan bahwa Indikator Kinerja kewajiban pelayanan publik tidak hanya diukur dari berapa jumlah kapal yang beroperasi, jumlah trayek yang menyinggahi pelabuhan-pelabuhan, dan berapa jumlah muatan yang dapat diangkut.

Akan tetapi outcome-nya juga diukur dari tingkat kesejahteraan seperti Disparitas harga dan pertumbuhan ekonomi daerah melalui konektivitas Tol Laut, Perintis, dan kapal Ternak.

“Saya minta Khususnya Subdit yang menangani anggaran subsidi agar kembali menyepakati dan menyederhanakan proses verifikasi mengingat voyage yang sudah dilaksanakan,” ungkap dia.

Dirjen Agus menyatakan bahwa memang tidak mudah bagi kegiatan Tol Laut dengan kewajiban pelayanan publik mengingat jumlah 164 kapal yang harus diverifikasi tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Namun ditegaskan, anggaran subsidi digunakan secara tepat, efektif dan efisien, dan tercatat.

“Pendapatan dari tiket penumpang dan barang tercatat secara riil, kondisi kapal tetap laik laut untuk dioperasikan dan melayani masyarakat sesuai dengan kontrak jumlah voyage dan tepat waktu saat kedatangan dan keberangkatan,” pungkas Dirjen Agus. (omy)

loading...