Angkasa Pura 2

KMP Lokong Banua Kandas Saat Berlayar dari Bitung

DermagaSenin, 9 September 2019
images (59)

BITUNG (BeritaTrans.com) – Kapal feri KMP Lokong Banua bermuatan 80 ton yang membawa rempah, mobil, motor dan 81 penumpang dari Kota Bitung menuju Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kandas di sekitar perairan Tagulandang, tepatnya di Pulau Pasige.

KMP-Lokong-Banua-kandas

Danposal Tagulandang Sertu Saa Yales Wisnu Saputra mengatakan, KM Lokong Banua, kandas diatas karang tepat pada Minggu (8/9) pada dini hari, sekitar 02.00 dini hari.

“Namun kami baru mengetahui pada 04.00 saat nakhoda kapal menginformasikan kejadian tersebut ke Syahbandar terdekat, kemudian kita berkoordinasi, dan 06.00 kami langsung melaksanakan evakuasi menggunakan Kapal Ikan Mitra 04 dan KM Simba,” jelasnya.

Direktur PD Pelayaran Sitaro, Jerry Manuahe, mengatakan kandasnya KMP Lokong Banua diakibatkan air surut ketika melewati Pulau Pasige menuju Pelabuhan Minanga. Pulau Pasinge dikenal dangkal dan banyak karang.

“Sejauh ini tidak ada kerugian yang dialami KMP Lokong Banua. Kami mengutamakan keselamatan para penumpang. Dalam kapal ada 11 kendaraan truk dan 1 mobil jenis Avansa,” ujarnya.

Dia menjeiaskan, pihaknya akan terus bertahan bersama-sama dengan kru kapal untuk menunggu air pasang sehingga agar bisa berolah gerak. “Kami juga telah berkoordinasi dengan Kapal Permata Prima untuk membantu dan menarik KMP Lokong Banua dari Pulau Pasinge,” bebernya.

Kepala Bagian Operasional PD Pelayaran Sitaro, Johni Mansoara mengatakan peristiwa terjadi pada pukul 02.15 dini hari. “Saat itu juga pihak PD Pelayaran Sitaro langsung mengambil langkah berkoordinasi dengan KM Simba 1 dan kapal ikan pajeko untuk mengevakuasi seluruh penumpang,” ujarnya.

Tepat pukul 03.30 WITA, PD Pelayaran Sitaro melalui Bagian Operasional, termasuk Kepala PD Pelayaran bergerak dari Pelabuhan Siau menuju ke tempat kejadian di Pulau Pasige.

“Dan pukul 05.00 WITA, kurang lebih 100 penumpang baru bisa dievakuasi. Sedangkan 80 penumpang tujuan Siau dievakuasi melalui KM Simba 1. Begitu juga 20 penumpang tujuan Tagulandang di evakuasi dengan kapal ikan pajeko,” kata Johni Mansoara.

Kapten KM Simba 1, Sobjan Mahenkeng, mengatakan setelah dihubungi PD Pelayaran Sitaro mereka pun membantu melakukan evakuasi bagi 80 penumpang. “Pelayanan prima kami berikan dalam perjalanan dari Pulau Pasige menuju pelabuhan Siau, termasuk memperhatikan kondisi dan kebutuhan lainnya,” ujar Fian, panggilan akrabnya.

loading...