Angkasa Pura 2

Tingkatkan Konektivitas dan Pariwisata di Jatim, Ditjen Hubdat Usul Pembuatan Aplikasi

Destinasi KoridorSenin, 9 September 2019
IMG-20190909-WA0029

IMG-20190909-WA0031

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Tingkatkan konektivitas dan dukungan terhadap pariwisata, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat mengusulkan agar Pemerintah daerah membuat aplikasi dalam jaringan untuk memudahkan wisatawan.

“Pemda bisa membuat aplikasi yang didalamnya terdapat informasi destinasi wisata di Jawa Timur, Informasi transportasi, dan informasi penginapan,” ungkap Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani saat memimpin rapat Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Kantor Dishub Provinsi Surabaya, Senin (9/9/2019).

Menurutnya, bila aplikasi sudah terealisasi maka angkutan moda pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bisa lebih tepat sasaran.

Untuk angkutan umumnya nanti kata dia, bisa saja tak hanya satu operator namun beberapa operator untuk meningkatkan mobilitas.

“Tidak hanya bus DAMRI yang nantinya akan melayani angkutan pemadu moda, namun pihak swasta pun dapat ikut andil agar terdapat persaingan didalamnya, karena persaingan membuahkan pelayanan maksimal,” ujar dia.

Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang terdapat dalam PM 52 tahun 2019 terkait pelayanan pada angkutan umum pada kawasan strategis nasional, disebutkannya, harus dijadikan pedoman.

Yani juga memberikan masukan agar Jatim dikembangkan penginapannya seperti yang dibangun BUMN yakni Balkondes yang sudah banyak di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Dengan begitu maka wisawatan banyak pilihan menginap dan transportasinya menggunakan angkutan umum lebih mudah dengan adanya aplikasi dalam jaringan,” pungkas Yani. (omy)

loading...