Angkasa Pura 2

Crane Ambruk Timpa Kapal di Pelabuhan Tanjung Emas

Another News DermagaSelasa, 10 September 2019
fc2aca57-3b4e-4308-94fd-bd8aebef29a9_169.jpeg

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Satu mobil crane ambruk dan menimpa kapal di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Hingga malam ini proses evakuasi masih diupayakan.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, lokasinya berada di dermaga depan mercusuar. Saat itu crane sedang mengangkut blok beton dan akan dipindah ke Kapal Suar 11 dan KM 126. Namun crane itu justru ambruk dan tiangnya menimpa kapal milik Distrik Navigasi Kelas II Semarang tersebut.

810201923610

“Mau angkut beton dipindah ke tengah (kapal). Malah (crane) ambruk,” kata seorang saksi Doni di lokasi, Selasa (10/9/2019).

Beruntung, ambruknya mobil crane bernopol B-9728-XHZ itu tidak menimbulkan korban jiwa. Operator crane, Paing (45), selamat dalam peristiwa tersebut. Sementara itu, posisi tiang crane menimpa geladak kapal.

Crane yang dikemudikan oleh pegawai Navigasi terguling saat mengangkut beton cor berbobot 5 ton dan menimpa Kapal Suar 11 dan Kapal Motor 126.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas AKP Samsu Wirman saat dikonfirmasi RMOLJateng mengungkapkan bahwa sebelumnya Crane B 9728 XYZ yang disopiri oleh Paing (45) melakukan pemindahan dua beton cor berbobot 5 ton.

“Sepertinya belum siap saat akan memindahkan beton cor ke atas Kapal Suar. Salah satu kaki Crane tersebut terperosok ke tanah hingga crane terbalik dan menimpa kapal suar 11 dan KM 126 yang juga milik kantor Navigasi,” ungkap AKP Samsu.

Mantan Kapolsek Ngaliyan ini menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun aktivitas pemindahan beton cor ke kapal langsung dihentikan sambil menunggu evakuasi.

Saat ini crane yang roboh belum dievakuasi. Dua crane didatangkan untuk melakukan evakuasi. Satu kapal sudah dipindahkan, sedangkan kapal Suar 11 masih di lokasi awal karena tertimpa crane dan menunggu evakuasi.(lia/sumber dan foto: detik.com/rmoljateng)

loading...