Angkasa Pura 2

Penyandang Disabilitas Kunjungi Pusat Layanan Transportasi Tanjung Priok

Emplasemen KoridorRabu, 11 September 2019
70-orang-penyandang-disabilitas-berkunjung

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Para penyandang disabilitas sebanyak puluhan orang mengunjungi pusat pelayanan transportasi yang berada di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/9/2019).

Didampingi sejumlah pegawai dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puluhan penyandang disabilitas itu berkeliling di Stasiun Tanjung Priok, Terminal Bus Tanjung Priok, dan Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.

Pantauan TribunJakarta.com, lokasi pertama yang mereka kunjungi adalah Stasiun Tanjung Priok.

Dengan para pendampingnya, puluhan penyandang disabilitas ini pun menyusuri stasiun untuk meninjau bagaimana pelayanan serta fasilitas di dalam stasiun itu.

Mulai dari pintu masuk, penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda mencoba menaiki papan yang disediakan pihak stasiun.

Mereka tampak kesulitan, sehingga pendamping membantu dengan mendorong kursi roda supaya bisa naik lewat papan tersebut dengan mudah.

Setelah itu para tuna netra juga berjalan pada jalur disabilitas yang ada di stasiun. Mereka menyusuri jalur tersebut hingga ke bagian dalam stasiun.

Toilet yang ada pada stasiun juga dimasuki para penyandang disabilitas ini selama beberapa saat.

Dari stasiun, para penyandang disabilitas diarahkan ke Terminal Bus Tanjung Priok yang ada di seberangnya.

Di terminal, penyandang disabilitas melakukan uji coba dengan berjalan pada trotoar yang menghubungkan dua halte TransJakarta.

Mereka juga dibantu petugas terminal untuk berjalan di halter TransJakarta.

Kabid Pengelolaan Sarana dan Prasarana Transportasi Berkelanjutan Kemenhub, Qodri mengatakan, kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019.

Kunjungan ini untuk meninjau apakah pusat pelayanan transportasi yang ada di Jakarta dan sekitarnya termasuk ramah disabilitas atau tidak.

“Nanti akan dievaluasi. Nanti setelah kunjungan kita akan melakukan sosialisasi dan simulasi bagaimana menangani disabilitas,” ucap Qodri.

Menurut Qodri, kunjungan selanjutnya akan dilakukan pada Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok dan Bandara Soekarno-Hatta. [dan/tribunjakarta.com/foto: ist]

loading...