Angkasa Pura 2

35 Pengemudi Berkompetisi di Ajang Final Abdi Yasa Nasional 2019

KoridorKamis, 12 September 2019
IMG-20190912-WA0079

IMG-20190912-WA0080

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Siapa bilang pengemudi hanya bisa mengendarai kendaraan saja? Mereka bisa lho jadi teladan juga yang mengajak bertransportasi yang berkeselamatan.

Nah, untuk itu dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan Pemilihan Abdi Yasa Tingkat Nasional 2019 sebagai wujud perhatian pemerintah kepada awak kendaraan angkutan umum selaku SDM transportasi yang memiliki peran vital dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan sesuai dengan amanat Undang – Undang No.22 tahun 2009.

Acara ini menurut Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadiz diikuti para kontestan dari seluruh Indonesia yang berprofesi sebagai pengemudi.

“Pengemudi adalah sebuah profesi, seorang pengemudi memang harus memiliki kemampuan secara teknis mengendarai kendaraan. Namun yang paling penting selain kemampuan secara teknis juga perilaku para pengemudi, agar para pengemudi bangga dengan profesinya,” ujar Dirjen Budi di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Dari rangkaian penilaian kata dia, saat ini tersisa 35 nominator pengemudi yang akan berkompetisi di ajang penghargaan Adi Yasa Nasional 2019.

Dirjen Budi berharap dengan adanya antusiasme para pengemudi mengikuti acara ini, ke depannya Kemenhub melalui Ditjen Hubdat akan bekerjasama dengan Korlantas Polri dan pihak terkait agar dapat merencanakan dan memfasilitasi pelatihan kepada para pengemudi agar tidak hanya terampil dalam mengemudi tapi juga perilaku pengemudi ketika berkendara.

Pada acara ini, peserta pemilihan Abdi Yasa pada tahun 2019 adalah seluruh pengemudi angkutan umum orang, terdiri dari Angkot, AKAP, AKDP, Taksi, AJAP dan Pariwisata.

Dirjen Budi menambahkan, kegiatan Pemilihan Abdi Yasa sejalan dengan Dekade Aksi Keselamatan Jalan yang telah dicanangkan Wakil Presiden Juni tahun 2011.

Kegiatan pembinaan terhadap pengemudi merupakan salah satu tanggung jawab bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Tanggung jawab ini diwujudkan dalam penyelenggaraan pemilihan Abdi Yasa Teladan baik di tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.

“Dalam pemilihan Abdi Yasa Tingkat Nasional tahun 2019 ini, dilaksanakan dengan kreasi yang berbeda, dimana para pengemudi diberikan kesempatan untuk menampilkan keteladanannya di hadapan penonton serta dibekali dengan pengetahuan kewirausahaan di era digital ini,” imbuh dia.

Nantinya para pemenang dari acara ini, dapat menjadi Duta Pengemudi untuk jado teladan, dapat memberikan pengetahuan kepada para pengemudi lainnya dengan sosialisasi-sosialiasi di seluruh Indonesia. (omy)

loading...