Angkasa Pura 2

Kemenhub Gelar Bersih-bersih Laut dan Pantai Serentak di 260 Pelabuhan

DermagaKamis, 12 September 2019
IMG_20190912_072504

IMG_20190912_073204

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo mengemukakan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar sekaligus menjadi negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia.

Mengingat begitu berbahayanya sampah plastik bagi lingkungan khususnya ekosistem laut, maka pihaknya menginisiasi Gerakan Bersih Laut dan Pantai yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini dilakukan serentak di 260 Pelabuhan di seluruh Indonesia sekaligus dalam rangka Hari Perhubungan Nasional,” ujar Dirjen Agus di Jakarta, Selasa (11/9/2019).

Tujuan kegiatan ini, kata dia, ingin mengajak seluruh elemen masyarakat turut berperan aktif menjaga dan membersihkan lingkungan laut dan pesisir pantai.

Tujuan lainnya dari kegiatan ini adalah dalam rangka mendukung Rencana Aksi Nasional (RAN) penurunan sampah plastik di laut hingga 70 persen pada tahun 2025.

“Kegiatan ini melibatkan sedikitnya 100.000 peserta mulai dari Pegawai UPT Ditjen Perhubungan Laut, Pemerintah Daerah, BUMN, Badan Usaha Pelabuhan, perusahaan pelayaran, asosiasi, stakeholders di pelabuhan, Tenaga Bongkar Muat Pelabuhan (TKBM), pelajar dan masyarakat sekitar pelabuhan,” urainya.

Dirjen Agus menyebutkan, Gerakan Bersih Laut dan Pantai Serentak di seluruh pelabuhan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Indonesia, dengan tema “Laut Bersih Bikin Baper”.

Kegiatannini akan tercatat dalam pemecahan rekor MURI sebagai Aksi Membersihkan Laut Secara Serentak di Pelabuhan Terbanyak.

Sebelum dilakukan bersih laut dan pantai, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan video confrence dengan perwakilan pelabuhan.

Pelabuhan diantaranya Ambon, Bitung, Balikpapan, Sabang, Sunda Kelapa, Benoa, Belawan, Tanjung Emas, dan Makassar. (omy)

loading...