Angkasa Pura 2

Reaktivasi Jalur KA Cianjur-Cipatat Selesai Desember 2019

EmplasemenKamis, 12 September 2019
kereta_parkir

CIANJUR (BeritaTrans.com) – Setelah kereta api Sukabumi-Cianjur-Ciranjang beroperasi, kini menyusul jalur Ciranjang-Cipatat yang sedang diperbaiki.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Barat, Achyar Pasaribu, mengatakan reaktivasi jalur KA antara Ciranjang – Cipatat berlangsung dari Juli sampai Desember 2019. Ada beberapa yang diperbaiki, seperti konstruksi badan jalan KA dan fasilitas penunjang stasiun.

“Untuk reaktivasi sampai ke Cipatat ditargetkan selesai pengerjaan sampai Desember 2019,” paparnya saat dihubungi Cianjur Today, Rabu (11/9/2019).

Ia mengatakan, pada reaktivasi jalur Ciranjang – Cipatat, rel yang digunakan diganti dengan yang lebih besar. Pengiriman rel pun sudah berlangsung sejak beberapa pekan menggunakan kereta api.

“Dari penggunaan rel R.33 menjadi R.54, gunanya untuk menerima besar tekanan maksimum yang sangup diterima rel saat kereta melintas, sama batas kecepatan keretanya yang diizinkan meningkat. Jadi kalau makin gede R-nya, kereta yang melintas dapat melaju dengan kecepatan tinggi dengan stabil dan aman,” tambahnya.

Stasiun di lintas tersebut akan diperbaiki. Dalam reaktivasi jalur Cianjur – Cipatat ini ada beberapa kendala yang dihadapi.

“Ada beberapa lokasi pekerjaan yang lahannya masih dimiliki oleh lain pihak. Ada beberapa fasilitas yang harus direalokasi karena berada pada lahan yang akan digunakan untuk reaktivasi jalur KA,” tambahnya.

Jika jalur tersebut selesai diaktifkan, rencananya kereta api yang akan melayani adalah KA Siliwangi. “Iya KA Siliwangi diperpanjang lagi, kalau rangkaian lain kayanya belum ada dikarenakan lintasnya baru itu saja,” tambahnya. [dan/cianjurtoday.com]

loading...