Angkasa Pura 2

Aktivis Terbangkan Drone untuk Ganggu Penerbangan di Bandara Heathrow

Bandara KokpitSabtu, 14 September 2019
images (68)

LONDON (BeritaTrans.com) – Beberapa aktivis perubahan iklim pada Jumat, (13/9/2019) menerbangkan pesawat nirawak (drone) di sekitar Bandara Heathrow, London. Hal tersebut dilakukan untuk mengganggu penerbangan pesawat.

Heathrow Pause sendiri dikenal kelompok yang akan menjalankan aksi itu dijadwalkan akan memulai aksi penerbangan drone sesaat sebelum bandara dibuka pada pukul 04.30 pagi waktu setempat.

images (69)

Teta[i rencana tersebut gagal karena pihak kepolisi telah menangkap lima anggota kelompok tersebut sehari sebelumnya atas atas dugaan konspirasi untuk melakukan gangguan publik.

Peraturan Heathrow menetapkan bahwa bandara harus ditutup jika sebuah drone terlihat dalam zona eksklusi lima kilometer. Penerbangan pertama dari Asia tiba di Bandara Heathrow sesuai jadwal.

“Warga yang berpikiran sama hanya tahu bahwa apa yang kami lakukan bukanlah tindakan kriminal,” kata anggota kelompok itu, Sylvia Dell kepada AFP ketika dia bersiap untuk menerbangkan dronenya sendiri dalam beberapa hari mendatang.

Wanita itu mengatakan dia tergerak untuk bertindak oleh laporan PBB yang memperingatkan pemerintah pada Oktober bahwa mereka memiliki 12 tahun lagi sebelum bumi semakin panas ke tingkat berbahaya.

“Kami adalah tanda bahay kebakaran yang berdering di tengah malam menyuruh orang-orang bangun, rumahmu terbakar,” kata Dell.

Tujuan menerbangan drone untuk mencegah pembangunan landasan pacu ketiga di bandara Heathrow dan untuk mengurangi emisi gas berbahaya ke tingkat bersih nol pada tahun 2025.

(via/sumber: wartaekonomi.co.id).