Angkasa Pura 2

Kapal Pesiar Veendam dengan 1.000 Turis Batal Kunjungi Jayapura

Dermaga DestinasiSenin, 16 September 2019
veendam

JAYAPURA (BeritaTrans.com) – Kerusuhan yang sempat meletus di Kota Jayapura berefek negatif terhadap pariwisata. Kapal pesiar kelas dunia, MS Veendam, membatalkan kunjungan ke ibu kota Papua itu.

Tour guide senior di Papua, Isak Wendesi mengatakan rencananya kapal pesiar dari Perusahaan Amerika Holand berlabuh di Pelabuhan Jayapura pada Kamis 12 September 2019. Rencananya kapal itu mengangkut sekitar 1.000 turis mancanegata.

“Kondisi keamanan di Kota Jayapura memengaruhi pembatalan kunjungan wisatawan mancanegara. Termasuk karena Kantor Bea dan Cukai di Pelabuhan Jayapura terbakar pada aksi anarkis beberapa waktu lalu,” ujarnya seperti dikutip Kabarpapua.co, Sabtu (14/9/2019).

Tak hanya itu, kata Isak, ada larangan dari pemerintah pusat yang belum mengizinkan kapal itu bersandar di Pelabuhan Jayapura, termasuk masih banyaknya sisa material kebakaran ruko atau gedung lainnya yang ada di depan mata, sehingga tidak etis rasanya para wisman datang saat kondisi saat ini.

“Kami sangat menyesalkan kejadian belakangan ini, padahal saat ini menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan budaya Papua ke mancanegara,” ujarnya.

Isak berharap Papua akan mendapat kesempatan tahun depan untuk kapal pesiar bisa masuk di sejumlah pelabuhan. “Masih ada 10 kapal yang belum masuk ke Papua. Kapal-kapal ini berasal dari negara Amerika dan Belanda,” ujarnya menambahkan. (diwn).

loading...