Angkasa Pura 2

Iran Tahan Kapal Tanker Angkut 250.000 Liter Minyak dan 11 Kru

DermagaSelasa, 17 September 2019
5d7fbebc2e22af211d2f3762

TEHERAN (BeritaTrans.com) – Aksi tahan kapal tanker teeulang lagi di kawasan Teluk. Iran menahan satu kapal tanker karena diduga menyelundupkan bahan bakar diesel ke Uni Emirat Arab.

Garda Revolusi Iran telah mencegat sebuah kapal yang dilaporkan membawa 250.000 liter bahan bakar, menurut Kantor Berita Mahasiswa Iran (ISNA).

“Kapal itu ditahan di dekat pulau Greater Tunb Iran di Teluk Persia, kru telah diserahkan kepada otoritas hukum di provinsi Hormozgan selatan,” kata ISNA, dilansir dari Sky News, Selasa 17 September 2019.

Kantor berita itu tidak mengungkapkan kewarganegaraan awak kapal. Penyitaan yang dilaporkan terjadi sesudah Iran disalahkan atas serangan pesawat tak berawak yang secara signifikan merusak fasilitas minyak di Arab Saudi. Menyusul pula penyitaan tanker minyak di bulan-bulan sebelumnya.

Arab Saudi memimpin koalisi, di mana UEA adalah pemain kunci, dalam perang melawan pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman. Pertempuran tersebut kerap digambarkan sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran.

Awal bulan ini, gambar satelit menunjukkan kapal tanker minyak Adrian Darya-1 (sebelumnya dikenal sebagai Grace 1), merapat di dekat Suriah.

Kapal tanker itu sebelumnya ditahan oleh Marinir Kerajaan Inggris di lepas Gibraltar untuk beberapa pekan pada Juli atas kekhawatiran akan melanggar sanksi terhadap Suriah dengan mengirimkan minyak ke negara itu.

Iran membalas dengan menahan Stena Impero yang berbendera Inggris di Teluk.

loading...