Angkasa Pura 2

WIMA INA Tegaskan Dukungan Peran Wanita di Dunia Maritim

DermagaRabu, 18 September 2019
IMG-20190918-WA0057

IMG-20190918-WA0063

LABUAN BAJO (BeritaTrans.com) – Rayakan HUT ke-4 di Labuan Bajo, Women in Maritime Indonesia (WIMA INA) dukung penuh langkah wanita berkarier di dunia maritim.

Ketua WIMA INA Nirmala Chandra Motik menyampaikan, banyak peran yang dapat dilakukan wanita dalam memajukan bisnis maritim dan keselamatan pelayaran.

“Ini terkait kesetaraan dan kami ingin wanita juga memiliki peran besar di dunia maritim. Apalagi Indonesia memiliki wilayah laut yang besar dan ini menjadi tantangan tersendiri,” urai Chandra di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (18/9/2019) malam.

Dia menyampaikan bahwa banyak peluang yang dapat dipilih wanita dalam hal maritim. Mulai dari menjadi pelaut baik nakhoda maupun awak kapal, bisnis pelayaran, praktisi hukum maritim, dan pekerjaan lainnya yang menantang.

“Misalnya saya yang tertarik menggeluti pekerjaan terkait hukum maritim, ini sangat menarik dan penuh dengan hal-hal yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Menjaga laut katanya, merupakan tugas bersama. Mulai dari pelayaran yang selamat, menjaga habitat laut, hingga wilayah maritim.

Dalam kesempatan itu hadir Wakil Ketua KADIN bidang Perhubungan yang juga Ketua INSA Carmelita Hartoto, Direktur Utama PT Teluk Lamong Doti, Capt. Kartini mantan nakhoda yang kini menjadi dosen utama, dan Nakhoda Kapal KPLP Ni Putu Cahyani.

“Kami senang tema Hari Maritim Sedunia juga mengusung Women in Maritume yang sangat tepat dan peran WIMA INA dalam mendorong peran wanita di bidang kelautan,” imbuh Chandra.

Kasubdit Keselamatan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Shidrotul Muntaha mewakili Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha menyampaikan apresiasi atas peran WIMA INA dalam memajukan maritim Indonesia.

“Peran wanita juga sudah diakomodir di Ditjen Hubla bahwa laut itu bukan hanya ‘milik’ laki-laki namun juga wanita,” ujarnya.

Dia mencontohkan bahwa Inspektor keselamatan pelayaran dari enam orang, empat diantaranya adalah wanita.

Begitu juga dengan nakhoda, saat ini tercatat sebanyak 17 orang adalah para wanita. (omy)

loading...