Angkasa Pura 2

Kabut Asap Tak Ganggu Operasional Kereta Api dan LRT Palembang

EmplasemenKamis, 19 September 2019
images (6)

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Saat ini sedang maraknya kabut asap yang disebabkan dari kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan, tidak berdampak pada operasional Kereta Api dan Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan.

Hingga saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III memastikan operasional Kereta Api dan LRT belum ada gangguan dan masih berjalan seperti biasa.

Manajer Humas PT KAI Divre III Aida Suryanti mengatakan dampak kabut asap ini belum berpengaruhi keterlambatan atau penundaan keberangkatan Kereta Api. Sedangkan untuk LRT juga tidak menggangu telekomunikasi dan pensinyalan.

Meskipun kabut asap sangat pekat terjadi di pagi hari, tidak menganggu keberangkatan LRT yang dimulai pukul 04.48 WIB dan Kereta Api pukul 08.30 WIB. “Tidak terganggu kereta tidak keberangkatan tidak pengharuh dan berjalan seperti biasa,” kata Aida, Rabu (18/9/2019).

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan akibat dampak dari kabut asap saat penumpang berangkat naik kereta api dan LRT, pihaknya juga telah membagikan ribuan masker kepada penumpang di stasiun Kertapati hari ini.

“Kami mengimbau kepada penumpang saat naik LRT dan kereta api lebih baik menggunakan masker untuk menjaga kesehatan dan mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi akibat kabut asap,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu masinis kereta api, Rian menyebut dampak akibat kabut asap adalah pandangan masinis kurang leluasa melihat kedepan dan juga menyebabkan mata perih akibat kabut asap.

“Sejauh ini belum ada gangguan keberangkatan. Tetapi hanya saja pandangannya kurang luas saja dan juga membuat mata pedih saja,” kata Rian saat diwawancarai di stasiun Kertapati.

Jika dalam perjalanan terdapat Karhutla di dekat rel kereta api, seorang masinis akan mengambil tindakan memberhentikan kereta api dan akan melaporkan kepada petugas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Sejauh ini belum ada tetapi jika ada kebakaran di sekitar rel kereta api ya kita akan berhentikan kereta api dan melaporkan ke petugas sesuai SOP dan tindakan terberat kereta itu harus berhenti,” pungkasnya. [dan/kumparan.com/foto: ilustrasi]

loading...