Angkasa Pura 2

Diduga Terlibat Pembajakan Pesawat Amerika dengan 153 Penumpang & Kru, Seorang Pria Tua Ditahan

KokpitMinggu, 22 September 2019
_108896918_gettyimages-607383922

MYKONOS (BeritaTrans.com) – Seorang pria Lebanon berusia 65 tahun yang dicurigai terlibat dalam pembajakan sebuah pesawat Amerika pada tahun 1985 telah ditangkap di Yunani, kata polisi.

Pria itu, yang belum disebutkan namanya, ditahan di Mykonos setelah turun dari kapal pesiar pada hari Kamis.

Identitasnya muncul sebagai yang diinginkan oleh Jerman selama pemeriksaan paspor.

TWA Flight 847 dibajak oleh gerilyawan yang diduga milik kelompok Islam Hizbullah, sebuah klaim yang mereka tolak. Seorang penyelam angkatan laut AS tewas.

Pria itu dicari oleh otoritas Jerman karena pembajakan serta penculikan yang dilakukan pada tahun 1987.

Dia saat ini ditahan di penjara dengan keamanan tinggi di Yunani sampai pejabat Jerman mengidentifikasi dia sebagai orang yang diinginkan, lapor kantor berita Reuters.

Dua tahun setelah pembajakan, tersangka dilaporkan ditangkap dan diadili di Jerman dan kemudian ditukar dengan dua orang Jerman yang diculik di Beirut.

Penerbangan Trans World Airlines dari Kairo ke San Diego dengan berhenti di Athena, Roma, Boston dan Los Angeles dibajak pada 14 Juni 1985 setelah lepas landas dari Athena, dan dipaksa mendarat di Beirut.

images (6)

images (7)

Sebanyak 153 penumpang dan awak pesawat pesawat disandera, beberapa selama 17 hari. Sejumlah diikat dan dipukuli oleh para pembajak, yang menuntut pembebasan ratusan tahanan Syiah Lebanon dalam tahanan Israel.

Ketika para tahanan tidak dibebaskan, penyelam Angkatan Laut Amerika Serikat berusia 23 tahun Robert Dean Stethem, yang merupakan salah satu sandera, ditembak mati dan tubuhnya dilemparkan ke landasan di bandara Beirut.

Beirut-Airport-Hostage-Drama-June-1985-resize

twa847hijackers

Para pembajak kemudian mulai membebaskan sandera mereka.

Menurut FBI, setidaknya empat orang terlibat dalam pembajakan. Mohammed Ali Hamadei ditangkap di Jerman pada 1987 dan, setelah dibebaskan pada 2005, kembali ke Beirut.

images (8)

Imad Mughniyeh terbunuh dalam pemboman 2008 di Damaskus, sementara Hassan Izz-Al-Din dan Ali Atwa tetap buron.

Film 1986 The Delta Force didasarkan pada pembajakan ini.

Sumber: BBC.

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari