Angkasa Pura 2

Mobil Ambulan Suka Ngebut di Jalanan? Ini Faktanya

KoridorSenin, 23 September 2019
823201954445

BEKASI (BeritaTrans.com) – Ketika berkendara, kita sering melihat ambulan melaju dengan kecepatan tinggi. Namun apakah seperti itu faktanya?

Badja Setiawan, supir ambulans senior di RSUD dr. Chasbullah Abdulmajid, Kota Bekasi, menjelaskan bahwa itu hanya firasat penguna lain saja, karena sewaktu ambulan melaju dengan sirene dan lampu rotator, semua pengendara lain akan mengurangi kecepatan.

823201954357

Dia mengatakan “itu sebetulnya bukan ngebut, kecepatan mobil ambulan sebetulnya sama aja dengan mobil yang lainnya, gak mungkin mobil ambulan melebihi batas maksimal kecepatan keselamatan, misalnya batas maksimal 120 km/jam ya kami ngikutin standart itu aja. Ambulans kan bawa pasien harus taat untuk keselamatan.”

Sirene dan lampu rotator pada ambulans akan mengisyaratkan  penguna jalan lain untuk mendahulukan kendaraan ini, yang berarti membawa pasien.

“Ambulans ini kan ada sirene dan rotator, jadi kecepatanya bisa stabil sehingga terlihat sama pengguna lain mungkin kami ngebut, buktinya banyal tu ambulan disalip di Tol Cipali noh.”Tambahnya.

Seperti diketahui berdasarkan UU 22 tahun 2009 pasal 134, yang harus didahulukan pertama kali untuk jalan antara lain mobil pemadam kebakaran. (fahmi).

loading...