Angkasa Pura 2

Pemprov Jatim Siapkan Rp 60 Miliar untuk Bangun Pelabuhan Dari dan Menuju ‘Pulau Awet Muda’

DermagaSenin, 23 September 2019
images.jpeg-37

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Prasarana dan infrastruktur yang memadai dari dan menuju Pulau Gili Iyang atau Pulau Awet Muda di Kabupaten Sumenep Jawa Timur dibangun tahun ini.

Pemprov Jatim memberikan bantuan keuangan khusus sebesar Rp 60 miliar untuk membangun pelabuhan di sisi Pulau Gili Iyang maupun di sisi Pelabuhan Dungkek.

“Pelabuhan dibenahi tahun ini dengan dana dari bantuan keuangan Provinsi Jatim, semoga proyeknya tidak molor,” kata Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, di Surabaya, Kamis (19/9/2019).

Sementara armada kapal, masih memaksimalkan peran kapal tradisional milik warga setempat. Pemkab Sumenep sengaja mengoptimalkan kapal tradisional milik warga sebagai upaya membangun perekonomian warga setempat.

“Tapi kami sudah tekankan agar tetap menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran penumpang,” ucapnya.

Di Gili Iyang sendiri, Pemkab Sumenep juga terus mendorong warga untuk membuat home stay yang layak tanpa merubah sentuhan tradisional dan tradisi lokal warga setempat, karena pihaknya banyak mendengar keluhan wisatawan yang kesulitan mendapatkan penginapan di pulau Gili Iyang.

Selain Gili Genting yang jadi andalan Kabupaten Sumenep, dengan pantainya yang memesona, Gili Iyang juga punya daya pikat sebagai wisata kesehatan.

Pasalnya, pulau tersebut terkenal dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, yakni 21,5 persen.

Berdasarkan penelitian Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur, kadar oksigen Gili Iyang lebih tinggi dari kadar oksigen rata-rata yang sebesar 20 persen.

Pulau yang pada 2015 dicanangkan sebagai obyek wisata kesehatan itu disebut memiliki kadar oksigen terbaik kedua di dunia setelah Jordania. (Lia/sumber: kompas)

loading...