Angkasa Pura 2

Tampilan Baru dan Teknologi Hybrid pada Honda CR-V

OtomotifSenin, 23 September 2019
5d86654cf1d2a

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Generasi kelima dari Honda CR-V mendapat berbagai penyegaran dari eksterior dan interiornya, mobil ini juga menawarkan pilihan berteknologi hybrid.

Berdasarkan pernyataan resminya, pembaruan pada tampang CR-V berada pada bumper depan, rumah fog lamp, bumper, serta grill yang dibalut warna hitam sehingga kesan dinamis makin menonjol.

Bagian belakang sampai samping tak jauh berbeda, Honda menyematkan banyak panel plastik berwarna hitam dengan aksen krom.

Masuk ke bagian dalamnya, CR-V kini memiliki desain dasbor yang lebih menarik dan elegan. Tidak ada lagi tongkat persneling di konsol tengahnya, karena telah berubah menjadi model tombol tekan.

Menariknya, lewat peremajaan ini, CR-V memiliki dua pilihan powertrain yakni mesin bensin konvensional dengan kapasitas 1.5 liter turbocharger dan hybrid.

Disebutkan, CR-V dengan mesin konvensional (4-silinder 1.5L turbocharged) mampu menghasilkan tenaga hingga 190 dk. Tenaga tersebut akan disalurkan ke empat rodanya melalui sistem transmisi otomatik CVT.

Sementara untuk powertrain hybrid, menggabungkan 2 motor listrik dengan mesin bensin 4-silinder berkapasitas 2.0 liter. Berkatnya, mobil bisa menghembuskan tenaga hingga 212 dk.

CR-V hybrid disebut mampu menghemat konsumsi bahan bakar sampai 42 mil per galon (mpg). Angka ini sedikit lebih hemat jika dibandingkan dengan Toyota RaV4 hybrid yang menghabiskan 41 mpg.

Pada varian ini, tampilan luar mobil sedikit berbeda karena ada tambahan badge Hybrid dan emblem di bagian grill yang berwarna biru.

Sedangkan pada bagian interior, CR-V Hybrid dilengkapi dengan tombol mode berkendara, yaitu ECO, Sport dan EV. Tersedia juga pengisian daya secara wireless untuk smartphone.

Mobil juga mendapatkan instrumen digital baru yang menyajikan informasi terkait sistem hybrid-nya. Baik itu soal daya yang tersisa, distribusi daya dan regenerasi tenaga yang terjadi.

5d86654c675a2

Terdapat juga paddle shifter yang akan berfungsi layaknya saklar on dan off untuk deselerasi. Saat mengaktifkan tombol ini, maka jumlah pengereman regeneratif yang dihasilkan dari motor listrik saat melambat akan bertambah.

Berbicara fitur hiburan, CR-V kini dibekali head unit layar sentuh berukuran 7 inchi yang dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Audroid Auto. Pada kursi penumpang depan, dilengkapi fitur penghangat.

Jika kurang, pemilik bisa menambahnya seperti, Blind Spot Information (BSI), Rear Cross Traffic Monitor (CTM) dan Auto High Beam headlights. [dan/kompas.com/foto: ist]

loading...