Angkasa Pura 2

Komit Indonesia Atasi Sampah Plastik di Laut Diapresiasi di 12th Cooperation Forum

DermagaRabu, 2 Oktober 2019
IMG-20191002-WA0003

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Komit Indonesia mengatasi sampah plastik di laut diantaranya melalui Aksi Nasional Gerakan Bersih Laut dan Pantai pada 12 September 2019, mendapat apresiasi dalam pertemuan The 12th Cooperation Forum (CF) di Semarang Jawa Tengah, Selasa (1/10/2019).

Aksi Nasional Gerakan Bersih Laut dan Pantai juga tercatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rekor dunia dalam pelaksanaan gerakan bersih laut dan pantai serentak di 228 lokasi yang melibatkan juga masyarakat sekitar dan stakeholder terkait.

“Prestasi ini menunjukan bahwa isu pengurangan sampah plastik menjadi salah satu prioritas utama yang menjadi perhatian di dunia maritim,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo saat menutup resmi pertemuan CF yang diselenggarakan di bawah kerangka kerjasama Cooperative Mechanism terkait keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Indonesia juga kerap terlibat pada forum-forum Internasional yang membahas mengenai penanggulangan dan pengurangan sampah plastik.

Pada level ASEAN, Indonesia mendukung terwujudnya Deklarasi Bangkok tentang Penanggulangan Sampah Laut di Wilayah ASEAN yang diadopsi oleh negara-negara ASEAN pada Pertemuan ASEAN Summit ke-34 di Thailand pada 22 Juni 2019.

Sedangkan di tingkat global, Indonesia mengusulkan sebuah resolusi pada Pertemuan UNEA ke-4 untuk mendirikan Regional Capacity Center for Clean Seas (RC3S) di Bali.

“Kami juga mengusulkan kepada IMO untuk memiliki Marine Litter Action Plan,” ujar Dirjen Agus. (omy)