Angkasa Pura 2

Tiang Flyover Tol Desari Depok Ambruk, 5 Pekerja Luka Luka

Another News KoridorRabu, 9 Oktober 2019
berita_731286_800x600_IMG-20191008-WA0019

Depok (Beritatrans.com)j Proyek flyover tol Depok-Antasari (Desari) Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok ambruk dan melukai 5 orang pekerja. Ambruknya proyek flyover itu diduga karena kontur tanah yang labil.

Proyek penghubung antara Kampung Sasak-Rawa Sasak, Krukut tersebut ambruk pada saat pengerjaan pengecoran, Selasa (08/10/2109) pukul 01:30 WIB dini hari.

Kapolsek Limo Kompol Iskandar yang tiba di lokasi kejadian mengakui adanya salah satu titik tol yang ambruk pada saat pengecoran.

“Ini kejadiannya saat sedang ada pengecoran. Diduga dasarnya ngga kuat jadi ambles,” kata Iskandar kepada wartawan.

Iskandar membenarkan sedikitnya ada 5 korban yang terluka dalam insiden tersebut. Mereka ada para pekerja pengecoran pada saat itu.

“Kami dapat info ada 5 pekerja yang mengalami luka-luka. Tidak ada korban meningga dunia dalam insiden ini,” katanya.

Meski mengakui ada insiden dalam kejadian ini namun belum ada pemeriksaan lebih lanjut. Bahkan di lokasi kejadian belum terlihat garis polisi atau police line.

Sementara itu sejumlah petugas keamanan yang menjaga lokasi proyek sempat melarang awak media untuk melakukan peliputan.

Masih dilokasi yang sama, Project Manager PT Citra Waspphutowa Donosius Widianto mengatakam, kecelakaan kerja pada saat pengerjaan konstruksi salah satu terowongan tol Desari Seksi II disebabkan karena tiang penyanggah tidak kuat menahan beban cor-coran.

“Kalau yang tercatat, shoring penyanggahnya mengalami penurunan kemampuan menyanggah. Sehingga ambruk,” kata Widianto.

Namun demikian, Widianto membantah robohnya tiang penyanggah itu menyebabkan terowongan sampai ambrol. Kata dia dampaknya hanya mengalami penurunan beberapa konstruksi.

“Jadi, ini bukan ambruk dan kriteria ambruk itu berbeda. Kan bisa dilihat masih ada sebagian besar konstruksinya pada posisinya,” sanggahnya.

Widianto pun menjamin, kontraktor pelaksana dalam hal ini PT Grider Indonesia telah melakukan persiapan dan antisipasi terkait pekerjaan yang akan dilakukan.

“Tentu mereka sudah melakukan persiapan dan melakukan antisipasi berbagai hal terkait ketentuan konstruksi dan keselamatan,” tandasnya.
(ny/Sumber: rri.co.id)

loading...