Angkasa Pura 2

Kemenhub Lantik Anggota Panel Ahli Mahkamah Pelayaran

Dermaga SDMKamis, 10 Oktober 2019
IMG-20191010-WA0007

IMG-20191010-WA0006

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan melantik anggota Panel Ahli Mahkamah Pelayaran (Mahpel) guna memperkuat peran dan fungsinya sebagai pemeriksa lanjutan kecelakaan kapal yang andal dan berintegritas.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengatakan, ini merupakan kali pertama Kemenhub mengangkat pegawainya dalam jabatan Anggota Panel Ahli Mahkamah Pelayaran. Djoko berharap dengan dilantiknya Anggota Panel Ahli ini nantinya dapat menjadi energi baru dalam struktur Mahkamah Pelayaran.

“Untuk itu saya titip pesan karena kami ingin Mahkamah Pelayaran betul-betul menjadi suatu institusi harkat martabat dunia pelayaran di Indonesia khususnya Kemenhub. Saya sungguh-sungguh berharap ibu-bapak sekalian bisa menjalani tugas dengan sebaik-baiknya, penuh integritas, dan tentu saja dengan kedewasaan,” urai Djoko di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Diharapkan, Kemenhub tidak hanya memiliki mahkamah khusus pelayaran saja, tapi juga di seluruh sektor perhubungan baik darat, laut, udara, maupun kereta api.

“Saya sangat berharap bahwa Mahkamah Pelayaran ini menjadi suatu modal kita untuk membangun mahkamah transportasi untuk pelayaran, penerbangan, jalan, dan kereta api,” ujarnya.

Nantinya dengan adanya Mahkamah Transportasi, akan dapat mendukung kinerja dalam mengambil langkah strategis khsusunya pada pemeriksaan lanjutan kecelakaan transportasi.

Adapun pengangkatan pegawai dalam jabatan Anggota Panel Ahli Mahkamah Pelayaran ini merupakan amanah dari Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Pemeriksaan Kecelakaan Kapal.

Pada kesempatan ini terdapat tiga orang pejabat yang dilantik dalam jabatan Anggota Panel Ahli Mahkamah Pelayaran, yaitu Capt. Silvius Letsoin, Ir. Nurwahidah, dan Dr. Capt. Djemmy R Sumakud. (omy)

loading...