Angkasa Pura 2

Pelaku Pelemparan Batu ke Kereta di Cirebon Ternyata Remaja Tanggung

EmplasemenJumat, 11 Oktober 2019
Jadwal-Keberangkatan-dan-Harga-Tiket-Kereta-Api-Ciremai-Ekspres-Terbaru

CIREBON (BeritaTrans.com) – Pihak PT KAI Daop 3 Cirebon ungkapkan masih sering terjadi kasus pelemparan batu ke kereta di wilayahnya. Petugas keamanan dari KAI juga sempat mengamankan beberapa pelaku pelemparan.

“Ya pelakunya kadang remaja tanggung, ada juga anak-anak,” kata Deputi Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Raden Agus Dwinanto di Stasiun Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Pihaknya telah memetakan sejumlah titik rawan pelemparan batu yang berada di wilayah Daop 3 Cirebon, seperti antara Stasiun Jatibarang dan Kertasmaya, kemudian Losari dan Ketanggungan Brebes, dan beberapa titik lainnya. Sepanjang 2019 ini kasus pelemparan batu ke kereta api yang sedang melintas mencapai 20 kejadian. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun lalu pelemparan batu itu ada 17 kejadian. Sepanjang 2019 ini sudah ada 20 kejadian pelemparan batu,” ucapnya.

Menurut Agus, selama ini Daop 3 Cirebon rutin mengedukasi masyarakat yang berada di sekitar pelintasan terkait tata tertib keselamatan perjalanan kereta api. Sebab, kejadian pelemparan batu bisa membahayakan perjalanan kereta.

PT KAI mengaku membina para pelaku dan meminta para pelaku menandatangani surat pernyataan tak mengulangi perbuatannya.

“Kami imbau agar masyarakat tidak sembarangan atau dengan mudahnya melemparkan batu ke kereta. Karena membahayakan perjalanan kereta api,” tutur Agus. [dan/detik.com/foto: ilustrasi/ist]

loading...