Angkasa Pura 2

Bandara Soetta Modali, Didik & Promosikan 600 UMKM Binaan

Bandara Ekonomi & BisnisRabu, 16 Oktober 2019
9162019221351

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Soekarno-Hata (Soetta) selama ini membina sekitar 600 UMKM binaan. Selain mengucurkan modal, juga memberikan pendidikan dan sekaligus ikut memasarkan.

Hal itu dikemukakan Community Development Manager Bandara Soekarno-Hatta Yudi Mangkualam kepada Menteri BUMN Rini Soemarno, yang mengunjungi booth UMKM mitra binaan PT Angkasa Pura II di Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34, Rabu (16/10/2019).

“Jadi kami dari hilir sampai hulu. Dari memodali, mendidik hingga memasarkan. Langkah ini sesuai dengan kebijakan Kementerian BUMN dan direksi PT Angkasa Pura II,” jelas Yudi. Menteri Rini terlihat sumringah mendengar penjelasan itu.

Yudi juga menjelaskan bahwa produk mitra binaan memiliki sertifikasi halal dan sertfikasi dari BPOM.

“Bagus dan teruskan,” tutur Rini sambil tersenyum.

Kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Yudi mengutarakan permodalan diberikan dalam bentuk pinjaman sangat lunak yakni dengan level suku bunga 3 persen/tahun. “Pada tahun kedua, cicilan pinjakan menjadi lebih murah,” ujarnya.

9162019223619

Mantan Ketua Serikat Pekerja PT Angkasa Pura II itu menuturkan pada tahap awal, UMKM mendapat alokasi pinjaman Rp25 juta. “Kalau lunas, maka dapat pinjam lagi hingga pada tahap tertinggi yakni Rp100 juta, dengan sejumlah persyaratan antara lain memproduksi lebih banyak dan menyerap tenaga kerja juga lebih banyak,” tuturnya.

Tahun 2018, dia mengutarakan disaluekan pinjaman sekitar Rp3 miliar. Tahun ini hingga Oktober sudah tersalur Rp2,2 miliar denhan sekitar 70 UMKM penerima kredit. Hingga tutup tahun, pinjaman ditargetkan sekitar Rp3 miliar.

Mengenai pengembalian pinjaman, Yudi mengemukakan sejak tahun 2017 tidak ada kredit macet. “Lancar!” cetusnya.

Tentang pendidikan UMKM, dia mengungkapkan sejumlah pakar dan praktisi didatangkan menambah wawasan UMKM dalam menggenjot kualitas dan kuantitas produk.

Sedangkan tentang pemasaran, Yudi mengemukakan ditempuh dengan banyak saluran antara lain melalui belanja online, halal park dan konter lainnya di Terminal 3 Bamdara Soetta. “UMKM gratis menjajakan produk di lokasi, yang disediakan PT Angkasa Pura II. Bahkan kami membiayai bila ada yang hendak mengikuti event berskala nasional dan internasional,” ungkapnya.

(awe/foto: Twitter @AngkasaPura_2).

loading...