Angkasa Pura 2

Dirjen Agus: Kita Lakukan Penegakan Hukum Terkait Penerapan AIS

DermagaKamis, 17 Oktober 2019
IMG-20191017-WA0024

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo menegaskan pihaknya akan tegas dan menegakkan law enforcement pada penerapan Automatic Identification System (AIS).

“Keselamatan pelayaran jadi fokus kita, yang diperlukan adalah bagaimana penegakan hukumnya, bagaimana kita bisa melaksanakan law enforcement sebaik-baiknya,” ungkap Dirjen Agus disela membuka Workshop Keselamatan Pelayaran di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Penegakan hukum terkait penerapan AIS di kapal kata dia, tidak hanya dilakukan pada GT besar saja tetapi juga pada Kapal Tol Laut hingga Kapal Perintis.

Baik AIS tipe A dan tipe B semua akan ditegakkan hukum pelanggarannya seperti belum memasang atau sudah terpasang tetapi tidak dinyalakan.

“Mulai dari peringatan, penundaan pemberian SPB (Surat Perintah Berlayar) hingga grounded,” ucapnya.

Untuknya Dirjen Agus berharap semua operator kapal menerapkan dan menyalakan AIS selama pelayaran, untuk keselamatan dan keamanan.

Dia menyatakan dengan adanya penggunaan AIS ini, pihaknya dapat dengan secara langsung memeroleh informasi riil terkait kondisi pelayaran. (omy)

Foto: Indi Astono (Humas Ditjen Hubla)