Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla: Bersinergi Jaga Keamanan Pelabuhan Tanjung Priok

DermagaKamis, 17 Oktober 2019
dirjen hubla1

JAKARTA (beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R. Agus H. Purnomo menjelaskan seluruh satuan keamanan pelabuhan Tanjung Priok bersinergi menjaga situasi keamanan di pelabuhan Tanjung Priok ini betul-betul terjaga, karena pelabuhan sebagai objek vital nasional.

“Sebagai pintu perdagangan dalam negeri dan perdagangan luar negeri, pelabuhan harus dijaga keamanannya. Seluruh stakeholder sudah berkomitmen bagaimana menjaga situasi di pelabuhan aman,” ujar dirjen saat Apel Siaga Komite Keamanan Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (17/10/2019) pagi.

dirjen hubla

Pemerintah mencanangkan bahwa prioritas terbesar di pelabuhan adalah menjadi HUB internasional. Shipping line akan banyak masuk ke Indonesia, menjadikan peningkatan pertumbuhan ekonomi dari ekspor lebih tinggi.

“Harapannya nanti kontainer dari banyak tempat dikumpulkan di sini untuk diangkut ke tempat lain di luar negeri. Dengan situasi yang lebih kondusif, lebih aman, pertumbuhan nilai ekspor kita akan lebih tinggi,” ujar Agus kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id.

Direktur Operasi IPC, Prasetyadi, menuturkan “Kami ingin menunjukkan bahwa koordinasi antar pemangku kepentingan untuk menjamin keamanan dan ketertiban di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok berjalan baik”.

“Apel siaga ini adalah bentuk kesiapan pemerintah, termasuk IPC di dalamnya, dalam penerapan manajemen keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan, sebagaimana diatur dalam International Ship and Port Security (ISPS) Code,” tambah Prasetyadi.(Della/Fahmi)

loading...