Angkasa Pura 2

Penyelenggaraan Angkutan Laut Berkeselamatan Bergantung pada Komit Semua Pihak

Another News DermagaKamis, 17 Oktober 2019
IMG-20191017-WA0035

IMG-20191017-WA0036

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Penyelenggaraan angkutan laut berkeselamatan menurut Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo, bergantung pada komit dan kesadaran bersama semua pihak

“Penyelenggaraan angkutan laut yang aman, lancar, nyaman, dan efisien serta tidak mencemari lingkungan, sangat tergantung pada komit dan kesadaran kita bersama untuk memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal,” kata Dirjen Agus di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Pada hakikatnya, kelaiklautan kapal merupakan aspek yang terdiri dari keselamatan kapal, pencegahan pencemaran dari kapal, pengawakan, pemuatan, kesehatan dan kesejahteraan awak kapal serta penumpang, status hukum kapal, manajemen keselamatan kapal, dan manajemen keamanan kapal.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Agus juga mengajak kepada seluruh stakeholder untuk mengutamakan keselamatan pelayaran.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk memahami betul bahwa Keselamatan Pelayaran adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Dirjen Agus juga menyinggung kelestarian maritim. Indonesia sebagai anggota dari Organisasi Maritim Internasional (International Maritime Organization) telah memberikan perhatian khusus terhadap kelestarian lingkungan perairan, berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Mari menyuarakan lagi Jalesveva Jayamahe, dan kembali ke jati diri Indonesia sebagai negara maritim,” tegasnya.

Disamping itu, teknologi saat ini juga berkembang dengan sangat cepat, termasuk dalam bidang pelayaran.

“Kewajiban kita untuk selalu meningkatkan kemampuan sesuai perkembangan jaman, aturan dibidang pelayaran juga harus mengikuti perkembangan zaman,” pungkas Dirjen Agus. (omy)

Foto: Indi Astono (Humas Ditjen Hubla)

loading...