Angkasa Pura 2

Sensasi Gowes Sepeda Onthel Berwarna Gonjreng di Kota Tua Jakarta

DestinasiKamis, 17 Oktober 2019
onthel

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mengunjungi Kota Tua, Jakarta Barat, dapat memilih merasakan sensasi naik sepeda onthel tua berwarna-warni. Penyewaan sepeda onthel ini lengkap beserta topi untuk menghalau terik matahari.

Sepeda tua di tempat wisata ini memiliki bentuk unik dibandingkan dengan sepeda masa kini. Sepeda memiliki warna yang bervariasi dan mencolok. Semisal merah muda, biru, hijau, dan ungu. Namun ada pula yang berwarna klasik seperti hitam dan putih.

Dalam durasi 30 menit, pengunjung bisa berkeliling ke museum-museum yang ada di kawasan Kota Tua. Misalnya Museum Sejarah Jakarta, Museum Keramik, dan Museum Wayang.

onthel2

onthel1

“Harganya Rp20 ribu per 30 menit,” kata Wahyu, penjaja sewa sepeda onthel, yang memiliki tiga sepeda.

“Sepeda onthel ini sangat unik dan menarik untuk dicoba, karena sepeda ini merupakan salah satu kendaraan zaman dulu yang sering digunakan dan langka ditemukan sekarang ini. Saya sangat tertarik mengendarai sepeda onthel ini,” ujar Alif, seorang wisatawan.

Bila ingin mengeksplorasi kawasan Kota Tua lebih lanjut, pengunjung juga bisa menyewa dalam durasi 2 jam. Per 2 jam, harga yang dibanderol adalah Rp70 ribu.

Keuntungannya, wisatawan akan diantar oleh pemandu khusus untuk bersepeda mengelilingi kawasan lingkar luar Kota Tua, meliputi Museum Mandiri, Museum Bank Indonesia, sampai Museum Bahari.

Penyewaan sepeda di Kota Tua  ini dikelola oleh Paguyuban Ontel Kota Tua “Komunitas Sepeda Onthel Wisata Kota Tua Jakarta” yang berdiri sejak 2006. Paguyuban ini beranggotakan 36 orang dan masing-masing angota memiliki tiga sepeda. (fahmi).