Angkasa Pura 2

Di Indonesia, Keretakan Ditemukan di 5 Pesawat Boeing 737 NG

Bandara KokpitSabtu, 19 Oktober 2019
IMG-20191019-WA0064

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Keretakan ada di loma pesawat Boeing 737 NG di Indonesia setelah dilakukan pemeriksaan. Untuknya saat ini tak bisa dioperasikan untuk keselamatan dan keamanan penerbangan.

Sebelumnya telah terdeteksi pada tiga pesawat yang sudah melampaui 30.000 siklus terbang atau Flight Cycle Number (FCN) yakni Garuda Indonesia satu unit dan Sriwijaya Air dua unit.

“Kemarin ditemukan lagi ada keretakan di dua pesawat,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti di Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Dua pesawat itu milik maskapai Lion Air, sehingga total saat ini ada lima. Namun begitu kata dia, pihaknya akan terus memeriksa pada pesawat yang sudah seharusnya dilakukan pengecekan.

Pihaknya sudah menyampakkan ketentuan yang berlaku dan harus dipatuhi seluruh maakapai.

“Kami juga telah melakukan pemanggilan pihak Boeing untuk tindak lanjutnya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS), Federation Aviation Administration (FAA) mengimbau pesawat-pesawat yang mengalami keretakan tersebut diistirahatkan (grounded) sampai perbaikan selesai dilakukan.

Boeing 737 NG dengan umur akumulasi lebih dari 30.000 siklus terbang atau Flight Cycle Number (FCN) wajib melakukan pemeriksaan tidak lebih dari tujuh hari sejak 11 Oktober 2019. (omy)

loading...