Angkasa Pura 2

Pemprov DKI Siapkan Parkir Sepeda di Trotoar dan Kantor Pemerintahan

Another News Galeri KoridorSelasa, 22 Oktober 2019
Parkir Sepeda di Stasiun MRT dan Halte Transjakarta. (ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sejak diluncurkan program Jakarta Ramah Bersepeda, Pemprov DKI Jakarta mendorong warganya lebih banyak menggunakan sepeda. Selain dapat mengatasi kemacetan karena penggunaan kendaraan pribadi, program ini juga diharapkan dapat memperbaiki buruknya kualitas udara Jakarta.

Tak hanya menyiapkan jalur sepeda sepanjang 65 kilometer, Pemprov DKI Jakarta juga akan menyiapkan tempat parkir sepeda di sejumlah titik.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho menyampaikan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk menyiapkan tempat parkir sepeda mulai dari trotoar sampai di kantor pemerintahan.

“Jadi parkir sepeda, untuk bike park and ride itu memang Dinas Perhubungan yang akan menyiapkan. Namun tetap Dinas Bina Marga akan mem-back up. Jadi nanti titik-titik lokasi mana yang akan dibuat tempat parkir sepeda itu yang ada di trotoar itu akan koordinasi dengan Dinas Bina Marga,” jelasnya di Balai Kota, Jakarta Pusat.

“Namun sekarang sudah dibuat tidak hanya di trotoar tetapi di kantor pemerintah; di Balkot, kecamatan, kelurahan itu pasti dibuat kemudian di tempat lain yang berdekatan dengan stasiun, itu sudah disiapkan,” lanjutnya.

Sejak peluncuran jalur sepeda fase pertama, lahan parkir sepeda ini juga mulai dipersiapkan. Hari mengatakan luas lahan yang disiapkan sebesar 6×4 meter. Luas tersebut menurutnya lebih dari cukup. Konsep lahan parkir sepeda ini disiapkan Dinas Perhubungan.

“Jadi mereka sudah membuat konsep. Jadi kita kolaborasi dari Dimas Bina Marga, Dishub sudah menyiapkan kantong parkir, bahkan dengan MRT dan Transjakarta kita sudah kolaborasi di daerah mana yang akan dibuatkan parkir sepeda,” tutupnya, Selasa (23/10). (ds/sumber merdeka)

loading...