Angkasa Pura 2

Belasan Mantan Petani Bertahan Ngojek Pangkalan di Stasiun Cibitung

KoridorSenin, 28 Oktober 2019
92820195312

928201953131

BEKASI (BeritaTrans.com) –
Hamid ialah salah satu pengemudi ojek pangkalan di Stasiun Metland Telaga Murni, Cibitung, Kabupaten Bekasi. Dia sudah hapal betul jadwal commuterline tiba.

Selama ada stasiun tersebut Mei lalu, petani warga Selang Cironggeng, RT 04 RW 04, itu mulai alih profesi untuk ngojek di stasiun.

“Semua tukang ojek di sini semuanya petani. Semenjak sawahnya pada dijual, ya alih profesi masing-masing sampai akhirnya ngojek. Dulu kita juga nunggu di sini, tapi nunggu panen padi. Sekarang juga nunggu, tapi nungguin penumpang.” Hamid bercerita sambil melihat hamparan tanah kosong.

928201953054

“Sebelum ada stasiun, kami ngojek d depan perumahan Metland, ngojek di Gobel, jadi kuli, bahkan mulung,” celoteh seorang tukang ojek lainnya bernama Jangkung.

Tukang ojek pangkalan satu-persatu harus menunggu giliran untuk mengangkut penumpang commuterline yang datang. Tak jarang juga ketikakereta tiba, tidak ada satupun penumpang yang mereka dapatkan.

“Paling sehari dapat 7 penumpang saja, karena tiap jam keretanya belum tentu ada yang turun, naik ojek kami ini.” tambah Hamid.

Hamid mengaku tidak ada patokan harga khusus untuk ojek pangkalan. Ia juga tidak ingin bersaing dengan ojek online yang sudah banyak berkeliaran, dan dalam sehari hanya mendapatkan 7 sampai 8 penumpang dengan bayaran rata-rata Rp5ribu-Rp15ribu sekali jalan.

“Paling jauh ke Perumahan Kirana Cikarang, 15 ribu ongkosnya. Kadang-kadang tergantung sewanya (penhmlangnya, red), ngasih lebih. Saya tidak menatok harga seberapa dikasihnya aja,” ujar Hamid.

928201953110

Di area Stasiun Metland Telaga Murni, yang terhubung ke stasiun stasiun Cikarang, itu terdapat satu tenda yang digunakan untuk 15 pengojek yang sudah terdaftar oleh pihak perumahan untuk dijadikan pangkalan. Tetapi saat siang hari mereka memilih untuk berteduh di bawah pohon yang rindang untuk menunggu penumpang Commuterline tiba.

Tukang ojek pangkalan di sini mulai beroperasi pagi jam 7.00 jam malam jam 12.00. (fahmi).