Angkasa Pura 2

Gaji Pelaut Lebih Rendah Ketimbang Upah Minimum Pekerja di Kedai Kopi di Inggris

Dermaga SDMSenin, 28 Oktober 2019
images (6)

BARU-BARU ini saya menemukan iklan pekerjaan untuk perwira ketiga di kapal oleh salah satu perekrut industri maritim utama Inggris, Faststream Recruitment.

Iklan ini menawarkan kandidat yang sukses “peluang untuk bekerja dengan perusahaan pelayaran terkemuka, mengalami perjalanan global, dan menikmati paket menarik dengan banyak kemungkinan di masa depan,” kedengarannya hebat bukan?

Sebagai imbalannya, klien pengoperasian kapal pesiar Faststream meminta “pengalaman dalam peringkat ini pada semua jenis kapal penumpang,” “Petugas arloji CoC tanpa batas,” dan “hak hukum untuk tinggal dan bekerja di UE.” sangat masuk akal bagi saya, dan peluang besar bagi seorang perwira junior, sampai saya melihat gaji.

“Klien akan menawarkan kandidat yang berhasil hingga $ 16.000 per tahun dengan rotasi 4: 2.”

images (7)

$16.000 Biarkan itu meresap.

Pada nilai tukar hari ini yang setara dengan gaji Inggris sebesar £ 12.613. Untuk perwira ketiga. Dengan pengalaman di peringkat. Untuk operator kapal pesiar terkemuka.

Jika Anda menganggap bahwa kandidat yang berhasil akan bekerja sekitar 12 jam per hari selama delapan bulan mereka berada di setara, itu setara dengan sekitar £ 4,33 per jam. Upah minimum di Inggris untuk pekerja berusia 18-21 tahun adalah £ 6,15 per jam. Upah minimum untuk pekerja di bawah 18 tahun di Inggris adalah £ 4,35 per jam.

Agar kami sangat jernih, operator kapal pesiar terkemuka berusaha mempekerjakan petugas dek UE dengan biaya lebih rendah daripada majikan di Inggris yang dapat membayar anak secara legal. Ketika saya melihat ini, saya menganggap itu salah ketik dan, melalui keajaiban LinkedIn meminta tim untuk memverifikasi.

Manajer rekrutmen Faststream memberi tahu saya: “Bayaran yang disarankan untuk iklan itu benar. Posisi ini bekerja dengan perusahaan terkemuka dan sangat mapan – dan dengan kesempatan ini mereka menawarkan masuk ke industri pelayaran ”.

Para perwira ini adalah para navigator yang berkualifikasi profesional dan secara hukum akan bertanggung jawab atas navigasi yang aman dari aset jutaan dolar dan kehidupan ribuan orang. Diperlukan waktu minimal tiga tahun dan kombinasi pelatihan praktis, studi akademis, dan pengalaman mengarungi lautan untuk mendapatkan Petugas Sertifikat Kompetensi Watch yang tidak terbatas. Bahkan setelah semua pelatihan, tidak ada jaminan bahwa seorang kadet akan mendapatkan tiket petugas mereka. Di Inggris, dan di seluruh UE, kami mempertahankan standar yang sangat tinggi untuk sertifikasi pelaut dan mereka yang tidak dapat membuktikan kompetensinya hanya tidak mendapatkan lisensi.

Ada banyak keterampilan dan bakat kreatif untuk menyeduh kopi yang enak. Demi referensi, sebuah kedai kopi terkemuka di Inggris membayar staf entry level rata-rata £ 7,00 per jam. Tetapi keterampilan yang dibutuhkan dan tingkat tanggung jawab yang terlibat dalam menavigasi kapal dagang versus membuat makchiato pagi saya tidak dapat dibandingkan. Jadi bagaimana mungkin para perwira di kapal ini dibayar lebih rendah dari barista lokal saya? Saya tidak asing dengan ekonomi ketenagakerjaan industri pelayaran global kami, dan bahwa pelaut Inggris dan Eropa harus bersaing di pasar internasional. Selama berada di laut, saya cukup beruntung untuk berlayar dengan petugas dari seluruh dunia; Rusia, Filipina, Ukraina, Indonesia, India, Polandia, dan Kroasia. Kami selalu bertukar cerita tentang gaji dan kondisi selama berjam-jam di jembatan. Saya tidak pernah bertemu dengan pelaut mana pun yang memikul tanggung jawab garis-garis di pundak mereka mendapatkan upah serendah apa yang ditawarkan di sini.

Meskipun secara moral dipertanyakan menurut pendapat saya, Faststream dan klien mereka tidak melakukan sesuatu yang ilegal di sini. Gaji yang ditawarkan dari pekerjaan ini berada di atas upah minimum sejumlah negara Uni Eropa, beberapa di antaranya tidak memiliki batas gaji yang lebih rendah. Suatu poin yang tidak relevan, karena upah minimum UE tidak ada hubungannya dengan apa yang terjadi di laut. Tetapi itu juga datang tepat di atas $ 1.822 sebulan yang direkomendasikan untuk seorang perwira ketiga yang ditetapkan oleh ITF, ISF dan ILO sebagai bagian dari Konvensi Buruh Maritim. Namun, membandingkan apa yang ditawarkan di sini dengan standar internasional minimum benar-benar melenceng. Ketika saya memikirkan standar minimum yang ditetapkan oleh MLC, saya membayangkan kapal curah berkarat yang dioperasikan oleh pemilik anonim dan tidak bermoral yang menghabiskan hari-hari mereka menjelajahi garis tipis antara biaya dan keamanan. Saya tidak membayangkan kapal pesiar yang membawa ribuan penumpang tanpa disadari.

Ketika semua dikatakan dan dilakukan, ini adalah masalah keamanan. Ketika seorang operator kapal pesiar terkemuka bersedia mendevaluasi keterampilan-keterampilan penting dengan membayar para petugas yang berdiri di atas geladak, yang memikul tanggung jawab atas keselamatan penumpang dan awak kapal, uang $ 16.000, itu membuat olok-olok semua pekerjaan penting yang dilakukan oleh industri untuk meningkatkan keamanan di laut dalam beberapa dekade terakhir. Jika ada operator kapal yang mau memotong sudut ini sepenting‍‍‍, itu membuat Anda bertanya-tanya di mana lagi mereka mengambil jalan pintas. Lebih lanjut, saya bertanya-tanya bagaimana perasaan aman penumpang di atas kapal jika mereka tahu bahwa petugas yang bertanggung jawab untuk menavigasi kapal mereka dibayar lebih rendah daripada sopir taksi atau bus yang membawa mereka ke bandara?

Sayangnya, saya tidak ragu bahwa peran akan diisi. Di seluruh Eropa, ada cukup perwira junior yang memenuhi syarat untuk bekerja yang tidak ada untuk mengisi peran ini berkali-kali, bahkan dengan gaji yang menghina ini. Saya percaya sepenuh hati dalam ekonomi pasar bebas dan bahwa, di atas standar minimum tertentu, gaji karyawan harus ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Tetapi dalam kasus ini, saya percaya operator kapal pesiar mencari sumber jauh di bawah tingkat pasar. Cepat atau lambat, pasar selalu memperbaiki diri sendiri. Dalam industri kami, koreksi tersebut cenderung terjadi setelah peristiwa bencana. Ini adalah pola berulang yang saya lihat bermain berulang kali; seorang operator kapal mencari tenaga kerja termurah yang mungkin, mereka berjuang dengan retensi dan kualitas kru, nyaris meningkat tetapi tidak dilaporkan, akhirnya, sesuatu terjadi; nyawa hilang, minyak tumpah, atau pendiri kapal.

Saya cukup beruntung sering diminta untuk berbicara di acara-acara atau klien singkat pribadi tentang masa depan industri. Sebuah pertanyaan yang konsisten muncul ke mana pun saya pergi; bagaimana kita menarik generasi talenta berikutnya dan memberi mereka keterampilan untuk berhasil? Ini pertanyaan sederhana dan saya yakin punya jawaban sederhana. Pekerjakan orang-orang baik, latih mereka dengan baik, dan yang terpenting perlakukan mereka dengan baik. Anda tidak perlu membayar upah orang filmstar untuk mempertahankannya, tetapi Anda perlu membayar mereka upah yang mencerminkan keahlian mereka dan besarnya tanggung jawab yang mereka pegang. Saya berharap demi mereka sendiri, dan demi para penumpang dan awak yang bertanggung jawab, bahwa Faststream dan klien mereka menyadari kesalahan cara mereka sebelum kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terjadi pada industri.

NICK CHUBB/splash247.com