Angkasa Pura 2

Kuliah Umum di Poltekpel Sumbar, Pak Jojo: Antisipasi Perubahan Maritim Dunia

itjen Litbang SDMJumat, 1 November 2019
10120199133

PADANG (BeritaTrans.com) – Plt. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenhub Sugihardjo menyampaikan kuliah umum kepada taruna Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar).

Akun Instagram @itjenkemenhub_151, menyebutkan kuliah umum itu mengusung tema “Menuju Indonesia Maju Menyongsong Indonesia Emas Industri 4.0″.

Sugihardjo menyampaikan banyak hal mengenai tantangan kemaritiman ke depan di antaranya pembiayaan infrastruktur, perubahan megatrend dunia, serta kualitas dan kuantitas SDM.

Pria, yang akrab dengan sebutan ‘Pak Jojo’ itu mengingatkan di era baru Industrilisasi Digital secara global, akan menghilangkan sekitar 1,5 miliar pekerjaan sepanjang tahun 2015-2025, karena digantikanya posisi manusia dengan mesin otomatis sebagai bagian dari artificial intelligence.

10120199151

10120199213

Dia menuturkan saat ini beberapa jenis model bisnis dan pekerjaan di Indonesia sudah terkena terdampak dari arus digitalisasi, seperti toko konvensional yang ada sudah mulai tergantikan dengan model bisnis marketplace.

“Serta taksi atau ojek tradisional/pangkalan posisinya sudah mulai tergeserkan dengan moda-moda berbasis online,” ujar pria, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub), Kamis (30/10/2019).

Karenanya, dia berpesan kepada taruna untuk fokus dan kembangkan bakat yang dimiliki, kenali diri sendiri karena hanya diri sendiri yang tahu dimana batas dan kemampuan yang dimiliki.

Integritas adalah kunci sukses dalam menjalani kehidupan di era milenial, Ciri ciri Karakter kepemimpinan di era milenial yaitu
- Pemimpin yang mempunyai digital mindset.
- Observer dan active listener leader.
- Pemimpin yang tangkas. Pemimpin yang mengakomodasi dan memberi panutan.
- Pemimpin yang berani berbeda

(bondan/sumber dan foto: @itjenkemenhub_151).

loading...