Angkasa Pura 2

Geber Konsep Transportasi Ibu Kota Negara

Kerja Marathon Tim Balitbanghub hingga Tinjau Pelabuhan Penyeberangan Kariangau Balikpapan

Dermaga LitbangSenin, 4 November 2019
104201993815

104201994545

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) – Jumat (1/11/2019) menjadi bagian dari hari kerja keras tim Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub). Dari pagi hingga malam, marathon rapat hingga peninjauan lapangan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tim dipimpin Kapuslitbang Angkutan Multimoda Balitbanghub M Yugi Hartiman memulai pagi dengan rapat koordinasi dan sosialisasi konsep bertajuk “Smart City, Smart Mobility, Eco Friendly Tansportation System” di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan. Rapat itu berkaitan usulan konsep transportasi Ibu Kota Negara (IKN) baru hasil studi Balitbanghub.

Tim beranggotakan antara lain Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian Balitbanghub Baitul Ikhwan, pengamat transportasi dari Umiversitas Soegijapranata Djoko Setijowarno, Leny Maryouri dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), serta jurnalis dari beritatrans.com dan aksi.id.

Usai rapat, sebagian anggota tim melaksanakan shalat Jumat di masjid kompleks rumah dinas Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan.

Hanya berselang satu jam usai shalat, tim melanjutkan perjalanan ke mengunjungi Terminal Peti Kemas Kariangau, Balikpapan. Setelah itu,tim meninjau Pelabuhan Penyeberangan Karianga hingga azan Maghrib terdengar.

104201993924

104201993853

Menurut Yugio Hartiman, peninjaua ke pelabuhan penyeberangan kelolaan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat itu dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana fakta lapangan tentang kondisi eksisting dan potensi pelabuhan itu dalam memperkuat ibu kota baru negara.

“Tadi di rapat koordinasi, kami mendapatkan data baru tentang Pelabuhan Penyeberangan Kariangau. Data itu kami cross check dengan kondisi di lapangan. Ini menjadi bagian dari analisis berkelanjutan Balitbanghub dalam menyusun konsep transportasi di ibu kota negara,” ungkapnya. (awe).

loading...