Angkasa Pura 2

AirAsia Raih Penghargaan Airline Treasury Team of the Year

KokpitKamis, 7 November 2019
A72U6652-small

HONG KONG (BeritaTrans.com) – AirAsia raih penghargan Airline Treasury Team of the Year di ajang Aviation 100 yang diselenggarakan majalah Airline Economics.

Ajang ini memberikan pengakuan terhadap pelaku industri aviasi dengan kinerja yang cemerlang dan transaksi finansial serta leasing yang paling inovatif dan sukses dalam 12 bulan terakhir. 

Kesuksesan AirAsia sebagai Airline Treasury Team of the Year didasari transaksi-transaksi penggalangan dana yang efisien, yang menunjukkan keberhasilan perusahaan menjaga kinerja finansial yang kokoh di tengah program ekspansi masif. 

Pada tahun 2018 hingga 2019, AirAsia berhasil menyelesaikan dua transaksi besar dengan BBAM dan Castlelake LP bernilai total USD 3,6 miliar yang melibatkan lebih dari 100 unit pesawat. Hal ini menunjukkan keberhasilan tim dalam menjalankan program penggalangan dana secara efisien, sekaligus merencanakan struktur pembiayaan yang unik untuk transaksi pembiayaan pesawat.

Tahun ini AirAsia telah menyampaikan dua komitmen besar untuk pengadaan pesawat baru. Pada ajang Paris International Airshow 2019, perusahaan mengumumkan rencananya untuk meningkatkan kapasitas pesawat lorong tunggalnya dengan menukar pesanan 253 Airbus A320neo menjadi Airbus A321neo yang berkapasitas lebih besar.

Pada Agustus 2019, maskapai penerbangan jarak jauh AirAsia X menandatangani perjanjian dengan Airbus senilai USD 5 miliar untuk mendatangkan 12 unit pesawat Airbus A330-900 dan 30 unit A321XLR.

Head of Aircraft Finance AirAsia Farhan Zainul dan Senior Counsel Asia Aviation Capital Aaron Gomez menerima penghargaan tersebut dalam sebuah perhelatan seremonial di Hong Kong Rabu (6/11/2019) malam.

“Penjualan unit usaha penyewaan pesawat merupakan puncak dari strategi jangka panjang perusahaan untuk melepas aset fisik, yang membuat perusahaan dapat memonetisasi pesawat dengan harga yang lebih tinggi dan mengurangi risiko residual. Strategi ini memungkinkan kami menginvestasikan dana tersebut untuk pengembangan armada dan modal ventura digital, dan pada saat yang bersamaan dapat memberikan keuntungan balik kepada pemegang saham dan mengakselerasi visi kami menjadi perusahaan platform penyedia layanan perjalanan dan keuangan terdepan di Asia Tenggara,” urai CEO Grup AirAsia Tony Fernandes.

Hal ini kata dia, tidak mungkin terjadi tanpa dukungan tim keuangan yang luar biasa, dan merekalah yang paling berhak atas penghargaan Airline Treasury Team of the Year ini.

Pemenang penghargaan Aviation 100, ditentukan melalui survei terhadap pelaku industri dan dengan proses pemilihan yang ketat serta pertimbangan redaksi. (omy)

loading...