Angkasa Pura 2

Dikembangkan BBPBL Lampung, Ini Dia Ikan King Kobia

Kelautan & PerikananKamis, 7 November 2019
king kobia

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ikan King Cobia (Kobia) berhasil diproduksi massal oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung bekerja sama dengan stekholder. 

Sosialisasi ikan itu digelar di perhelatan Aquatica Asia dan Indoaqua 2019 oleh Kementerian Kalautan dan Perikanan (KKP) di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019).

Ikan dengan nama latin Rachycentron Canadum jelas mempunyai nilai ekonomi yang tinggi di pasaran, memiliki bentuk tubuh menyerupai torpedo dengan kepala dan mulut relatif lebar dibandingkan bagian tubuh lainnya dan masih berkerabat dengan hiu, dilihat dari bentuk tubuhnya yang memang hampir mirip dengan hiu kecil.

Nutrisi dalam ikan yang memiliki tekstur daging berwarna putih ini tak kalah dengan ikan salmon. Ikan ini juga mengandung protein yang tinggi, EPA, DHA dan kaya akan omega 3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan juga untuk membangun jaringan tubuh.

Ikan ini memiliki daging yang besar dan dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti dipanggang ataupun dimakan mentah untuk sushi dan sashimi. Selain itu, di beberapa negara di Asia, gonad dan kepala ikan kobia juga dapat dibuat sup.

Spesies ikan laut karnivora yang habitat aslinya  mampu hidup di muara ini memiliki performa pertumbuhan yang cepat yakni 4-6 kg setahun. Selain itu, king kobia juga mudah untuk diadaptasikan, dipijah, dan dibesarkan dalam kondisi budidaya. Waktu pemeliharaannya pun relatif lebih singkat dibandingkan dengan ikan laut lainnya (berat ikan 3 kg dalam 9 bulan). (bondan/fahmi).

loading...