Angkasa Pura 2

Perpanjangan Dermaga Pelabuhan Celukan Bawang Tunggu AMDAL dan Izin Lingkungan

DermagaKamis, 7 November 2019
images.jpeg-66

SINGARAJA (BeritaTrans.com) – Rencana perpanjangan dermaga di Pelabuhan Celukan Bawang, sampai saat ini belum dapat teralisasi.

PT Pelindo III Celukan Bawang mengaku masih menunggu Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang masih berproses di Departemen Lingkungan Hidup, Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Padahal menurut General Manager (GM) PT Pelindo III Celukan Bawang, Rio Dwi Santoso, Rabu (6/11/2019) kemarin mengatakan anggaran investasi perpanjangan dermaga sudah dipasang tahun 2019. Hanya saja anggaran sebesar Rp 45 miliar belum dapat terserap tahun ini karena PT Pelindo III Celukan Bawang belum mengantogi AMDAL.

“Saat ini kami masih mengurus AMDAL dan izin lingkungan, sejauh ini masih berproses,” kata Rio.

Menurutnya secara syarat baik sisi kajian lingkungan dan sosial masyarakat tidak ada masalah. Hanya saja pengurusan izin lingkungan dan AMDAL, memang membutuhkan waktu yang cukup lama, karena perlu proses bertahap dari pemerintah Kabupaten hingga akhirnya disetujui pemerintah pusat yang memiliki kewenangan.

Selain itu pihaknya juga tengah membuat kajian bisnis perpanjangan dermaga yang akan dilakukan. Termasuk melihat konsistensi kedatangan kapal pesiar Genting Dream yang alasan rencana perpanjangan dermaga. “Yang kita siapkan perpanjangan dermaga, sasar Genting Dream yang panjang kapal 330 meter. Setidaknya Genting Dream konsisten datangkan kapal 10 pertahun, secara bisnis keekonomisannya kita akan perpanjang,” imbuh dia.

Dari anggaran yang sudah disiapkan, rencana perpanjangan dermaga akan menambah panjang 60 meter dari yang sudah ada saat ini. Sehingga secara hitung-hitungan teknis kapal pesiar sepanjang 330 meter bisa sandar di pelabuhan Celukan Bawang. Selain perpanjangan dermaga juga akan dilengkapi dengan kelengkapan dermaga seperti bagian dolphin, fender dan moring bollard. (Lia/sumber:nusabali)

loading...