Angkasa Pura 2

Ini Rekomendasi Transportasi di Kawasan Puncak

Emplasemen KoridorJumat, 8 November 2019
IMG_20191108_100929

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kawasan Puncak sebagai tempat wisata favorit dan kemacetan yang tak pernah usai masih terus hangat diperbincangkan.

Berbagai upaya pun tak habis-habisnya dilakukan demi memberikan kelancaran lalu lintas dan berdampak pada kenyamanan para wisatawan.

Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata Djoko Setijowarno menyampaikan, peningkatan angkutan umum menjadi salah satu cara untuk mengurangi kemacetan.

“Memang tren ke lokasi wisata lebih nyaman memilih naik kendaraan pribadi karena bersama-sama keluarga,” ungkap Djoko kepada BeritaTrans.com, Jumat (8/11/2019).

Hal itu dapat disiasati dengan adanya angkutan umum wisata seperti yang belum lama diluncurkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan operator Big Bird rute Blok M-Taman Safari Puncak.

Angkutan umum masal kata dia bisa juga diakomodir dari Stasiun Gambir sebagai salah satu prasarana tujuan akhir perjalanan kereta dari jarak jauh dan salah satu titik bagi masyarakat di Jakarta.

“Asalkan tarifnya dapat terjangkau berbagai kalangan masyarakat,” ujarnya.

Dia menawarkan rekomendasi transportasi di kawasan Puncak. Menurutnya bisa menggunakan angkutan kereta atau bus dari titik-titik tertentu.

Untuk kereta, maka kereta gantung kata Djoko dapat menjadi pilihan. Sedangkan bus dengan titik-titik diantaranya Gambir-Puncak, Tangerang-Puncak, Bekasi-Puncak, dan Baranangsiang-Puncak.

“Bila LRT (kereta layang ringan) sudah bisa beroperasi hingga Stasiun Harjamukti, maka dapat disiapkan angkutan rute Puncak dari sana,” pungkas Djoko. (omy)

loading...