Angkasa Pura 2

KKP Gelar FGD Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan

Dermaga Kelautan & PerikananJumat, 8 November 2019
IMG-20191108-WA0007

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP-Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menyelenggarakan dialog dan FGD Forum Komunikasi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) bertemakan ‘P2MKP berinovasi untuk SDM Unggul, Indonesia Maju’, Jumat (8/11/2019) di Gedung Mina Bahari 4, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan mewujudkan visi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, yakni terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong, melalui program aksi peningkatan kualitas manusia Indonesia menjadi SDM unggul dan maju serta peningkatan struktur ekonomi yang produktif, mandiri dan berdaya saing.

P2MKP yakni lembaga pelatihan yang dikelola secara individu atau kelompok di bidang kelautan dan perikanan yang sukses dalam mengelola usahanya untum dijadikan tempat pelatihan. Kegiatan ini terlaksana guna merumuskan kerja dan sinergitas antar P2MKP pada tahun mendatang.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi P2MKP sebagai bagian program pengembangan SDM kompeten dalam bidang kelautan dan perikanan. Para instruktur dan pengelola P2MKP pun telah dilatih metoda belajar dan mengajar. Kegiatan ini diikuti sekitar 200 orang P2MKP yang mewakili 350 P2MKP seluruh Indonesia.

“SDM unggul, Indonesia Maju, adalah Indonesia maju rakyatnya; berinovasi dan kompeten, yang hasilnya bisa dinikmati oleh seluruh rakyat. Untuk mencapai cita-cita ini pembangunan nasional SDM adalah kuncinya,” ujar Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Melalui kegiatan ini, Edhy juga berharap dapat menjadi sarana media berbagi informasi terkait perkembangan dunia peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia KP khusunya dalam bidang pelatihan.

Pelatihan P2MKP tidak hanya terpusat di lembaga pendidikan dan kelautan saja, melainkan dapat dilaksanakan di P2MKP yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai UMKM, P2MKP akan dapat menghasilkan tenaga kerja yang kompetensi dan mampu menjadi wirausaha baru di bidang kelautan dan perikanan.

Strategi ini dipandang efektif dan efisien karena kegiatan pelatihan dapat menjangkau daerah-daerah sentra perikanan dan menggunakan metode praktik langsung di uni-unit usaha kelautan dan perikanan serta di P2MKP.

Kepala BRSDM, Sjarief Widjaja , mengatakan untuk mewujudkan sektor kelautan dan perikanan yang berdaulat, berkelanjutan, dan dapat berperan meningkatkan kesejahteraan bangsa, diperlukan kualitas individu yang kompeten, berkarakter, memiliki integritas, disiplin, kreatif dan beretos kerja tinggi. Jiwa wirausaha yang tinggi dalam menangkap peluang usaha yang besar di sektor kelautan dan perikanansaat ini, melalui budaya inovasi dan SDM kompeten.

P2MKP yang mulai berdiri tahun 2011 dan tersebar di seluruh Indonesia mempunyai peran yang strategis dalam mengembangkan SDM kelautan dan perikanan. Disamping melakukan pelatihan P2MKP terus meningkatkan perannya sebagai lembaga sertifikasi kompetensi. (bondan/fahmi).

loading...