Angkasa Pura 2

Viral! Masinis Beli Makanan Saat Kereta Berhenti di Perlintasan

EmplasemenSabtu, 9 November 2019
5dc4f5792c1f4

Bekasi (BeritaTrans.com) – Sebuah lokomotif yang berhenti di tengah jalan terekam dalam video yang diunggah oleh akun @Chamberafli melalui media sosial Twitter pada Kamis (7/11/2019).

Dalam video berdurasi 25 detik itu, diperlihatkan pula petugas kereta api yang tengah berjalan menyusuri pengendara motor yang menunggu di belakang palang pintu kereta.

Sembari menuju lokomotif yang berhenti, petugas atau masinis yang berjalan santai tersebut terlihat juga menenteng sebuah plastik hitam.

Para warganet pun mempersepsikan petugas atau masinis tersebut tengah membeli makanan.

“Jajan pake motor X
Jajan pake mobil X
Jajan pake go food X
NOOB

Jajan Pake Lokomotif,” tulis akun @Chamberafli dalam twitnya.

Bahkan, unggahan video tersebut telah di re-tweet sebanyak lebih dari 26.600 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 23.200 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Menunggu Penumpang
Mengonfirmasi hal tersebut, VP Public Relations PT KAI (Persero) Edy Kuswoyo mengungkapkan bahwa berhentinya lokomotif tersebut bukan karena menunggu masinis atau petugas dari warung, namun sedang menunggu penumpang.

“Kami klarifikasi bahwa penutupan perlintasan sebidang tersebut bukan karena sedang menunggu asisten masinis dari lokomotif CC 206 13 33, melainkan sedang menunggu penumpang naik dan turun kereta di Stasiun Parungkuda, Sukabumi,” ujar Edy saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Selain itu, Edy menjelaskan bahwa kejadian yang terekam dalam video berlangsung pada 31 Oktober 2019.

“Saat itu KA Pangrango rute Sukabumi-Bogor dengan nomor 393 sedang melakukan pemberhentian di Stasiun Parungkuda untuk proses naik dan turun penumpang,” kata dia.

Menurut informasi dari PT KAI, setiap kereta api yang berhenti di Stasiun Parungkuda, bagian lokomotifnya akan menutup Jalan Parakan Salak yang tepat berada di ujung emplasemen stasiun, seperti yang ditampilkan dalam video viral.

Hal tersebut dikarenakan stasiun yang terletak di Sukabumi ini berukuran kecil dan emplasemen stasiun yang tidak cukup panjang.

Sehingga, posisi lokomotif berada sejajar dengan palang perlintasan kereta.

“Tidak benar bahwa penutupan tersebut dikarenakan menunggu masinis yang sedang membeli makanan,” ujar Edy mengklarifikasi video yang tengah viral tersebut.

Ia menegaskan bahwa kejadian penutupan perlintasan tersebut selalu terjadi setiap harinya dan merupakan hal yang biasa terjadi di Stasiun Parungkuda, Sukabumi.

Diketahui, KA Pangrango dengan nomor 393 memiliki jadwal keberangkatan dari Stasiun Suka bumi pukul 15.45 WIB dan tiba di Stasiun Bogor pukul 17.48 WIB.

Kereta tersebut terdiri dari 1 kereta kelas eksekutif, 1 kereta pembangkit, dan 3 kereta ekonomi. (Lia/sumber dan foto:kompas)

loading...