Angkasa Pura 2

Warga Bogor Serbu Kereta Rail Clinic dan Library

EmplasemenSelasa, 12 November 2019
railclinic_bogor

BOGOR (BeritaTrans.com)Warga Cigombong, Kabupaten Bogor, menyerbu stasiun Cigombong untuk dapat mengakses layanan kesehatan dan pendidikan gratis yang disediakan PT KAI Daop 1 Jakarta, berupa Kereta Rail Clinic dan Rail Library, Selasa (12/11/2019).

Berdasarkan pantauan warga tampak antusias mengakses layanan kesehatan dan pendidikan gratis yang fasilitasnya semua tersedia di rangkaian Kereta Rail Clinic dan Rail Library. Meski acara baru dimulai pukul 08.30 WIB, mereka sudah datang dua jam sebelumnya.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah menjelaskan Stasiun Cigombong merupakan satu dari empat Stasiun yang sengaja dijadikan sasaran bakti sosial dengan menghadirkan Rail Clinic dan Rail Library.

“Jadi dalam satu tahun ini, Kereta Rail Clinic yang memang dihadirkan khusus untuk pelayanan kesehatan ini beroperasi di empat lokasi atau empat kali bakti sosial. Cigombong merupakan tempat ketiga, sebelumnya di Cisaat dan Karawang. Rencana Minggu depan di Stasiun Walantaka, Banten,” ujar Dadan di hadapan ratusan warga Cigombong.

Pihaknya berjanji, kereta yang memang disediakan khusus untuk melayani kesehatan gratis bagi masyarakat di Jawa dan Sumatera ini akan terus beroperasi ke setiap pelosok. “Kita memiliki empat set Kereta Rail Clinic dan Rail Library itu tersebar di seluruh Jawa dan Sumatera. Untuk Daop 1 Jakarta, hanya satu set dengan operasi sesuai jadwal yaitu empat kali,” ujarnya.

Ia juga menyatakan Rail Clinic generasi terbaru yakni keempat ini menyiagakan tim kesehatan sebanyak 28 personel, terdiri dari lima dokter umum, satu dokter gigi, satu ahli mata/optik, dua tenaga laboratorium, 17 personel termasuk perawat dan apoteker.

“Selama melayani kesehatan menggunakan Kereta Rail Clinic ini sebagian besar masyarakat atau pasien yang berobat itu adalah ibu hamil dan anak, dengan keluhan beragam,” jelasnya.

Sementara itu, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menambahkan dari kegiatan bakti sosial kali ini, selain kegiatan layanan gratis, juga membagikan kacamata gratis untuk 60 anak yang berasal dari empat SDN Cigombong.

“Bahkan khusus ibu hamil, kita juga memberikan gizi tambahan kepada 40 ibu hamil, pembagian 300 paket sembako kepada warga yang memeriksakan kesehatan serta sosialisasi keselamatan perjalanan Kereta Api di Daop 1 Jakarta, khususnya di Lintas Bogor-Sukabumi,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, kata dia, sejak Rail Clinic generasi pertama diluncurkan pada Desember 2015 lalu, PT KAI terus berinovasi dalam mengembangkan layanan Rail Clinic hingga pada generasi keempat yang diluncurkan pada September 2017 juga menghadirkan Library (kereta perpustakaan).

“Jadi Rail Clinic dan Rail Library sebagai bentuk kegiatan tanggung jawab sosial PT KAI kepada masyarakat. Untuk Rail Library didalamnya terdapat perpustakaan manual dan beragam buku untuk anak-anak hingga pengetahuan umum,” jelasnya. [dan/sindonews.com/foto: ist]

loading...