Angkasa Pura 2

Bangun Pelabuhan, SBM Tak Minta Modal ke Pemkab Serang

DermagaKamis, 14 November 2019
serang-berkah-mandiri

KABUPATEN SERANG (BeritaTrans.com) – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Serang, PT Serang Berkah Mandiri (SBM) menjalin kerjasama dengan PT. Inter Trias dalam pemanfaatan lahan seluas 9 hektare untuk pelabuhan.

Direktur Utama PT SBM Didin Wardiono mengatakan, akan memanfaatkan lahan milik PT. Inter Trias yang berlokasi di Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, Banten untuk keperluan kepelabuhan.

“Kami akan mengelola palabuhan bongkar muat untuk batu bara, batu split dan lainnya. Saat ini dalam tahap mengurus perizinannya,” kata Didin kepada wartawan di Pendopo Kabupaten Serang, Banten, kemarin.

Menurut Didin, penggunaan lahan PT Inter Trias bukan sewa menyewa. Namun dengan menerapkan pola royalti selama 10 tahun. Dalam kerjasama itu disebutkan akan dilakukan evaluasi setiap 6 bulan.

“Keuntungannya masuk kepada PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Serang,” imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Serang, Panji Tirtayasa mengungkapkan, sebelumnya PT. SBM hanya mengelola bisnis tower atayu menara. Kali ini, kata dia, PT SBM mencoba untuk turut mengelola sektor pelabuhan.

“Usaha kepelabuhan ini akan dibuka untuk dockling kapal, penyimpanan barang dan lain lain,” ungkapnya.

Panji menegaskan, Pemkab Serang tidak memberikan modal kepada PT SBM dalam pengembangan usaha kepelabuhannya ini. “SBM siap untuk memodalinya sendiri,” jelasnya. (Lia/ sumber dan foto: redaksi24)