Angkasa Pura 2

Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung Diresmikan Jokowi Besok

KoridorKamis, 14 November 2019
images.jpeg-31

Bekasi (BeritaTrans.com) – Setelah mengalami banyak penundaan, jalan tol Lampung ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (15/11/2019).

Peresmian tol rencananya berlangsung di Gerbang Tol Simpang Pematang Km 240 Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji.

Jadwal yang sudah dikonfirmasi oleh pihak Istana kepada Pemkab Mesuji ini, berbeda dari rencana semula.

Awalnya, peresmian tol akan dilaksanakan di Kayu Agung, Sumatera Selatan.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Mesuji Angga Pramudita membenarkan pihaknya telah dikonfirmasi oleh pihak Istana Negara, terkait peresmian tol Lampung ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, yang akan dilaksanakan di Mesuji.

“Kami sudah dihubungi pihak Istana. Hari ini rencananya dilakukan cek lokasi bersama pihak Istana beberapa tempat yang akan singgahi Presiden,” terang Angga kepada Tribunlampung.co.id, Kamis (14/11/2019).

Angga mengatakan, Istana meminta Pemkab Mesuji menyiapkan lokasi tempat mendarat helikopter yang ditumpangi Presiden Jokowi beserta rombongan.

“Bapak Presiden rencananya naik heli. Kita siapkan tempat mendarat di simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang,” papar Angga.

Istana juga meminta Pemkab Mesuji menyiapkan lokasi untuk salat Jumat dan diteruskan dengan makan siang.

“Karena peresmian tol sekitar pukul 15.00 WIB, kita disuruh siapkan lokasi untuk Jumatan dan makan siang. Sejauh ini yang (salat Jumat) representatif di Masjid Agung, Simpang Pematang. Tapi ini belum final,” paparnya.

Seusai salat Jumat dan makan siang, Presiden Jokowi dijadwalkan langsung menuju lokasi peresmian di Gerbang Tol Simpang Pematang Km 240 di Desa Mulya Agung.

Sejauh ini, Pemkab Mesuji masih menunggu ketetapan resmi dari pihak istana negara terkait rundown kunjungan Jokwoi ke Mesuji.

Dandim 0426 Tulangbawang Letkol Int Kohir membenarkan jadwal kunjungan Presiden Jokowi ke Mesuji dalam rangka peresmian JTTS.

“Hari ini rapat (persiapan penyambutan) bersama Korem,” ungkap Kohir.

Dengan beroperasinya jalan tol ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung, waktu tempuh Bakauheni-Palembang terpangkas dari 10-12 jam menjadi 4-5 jam saja.

Segera beroperasinya ruas tol Terbanggi Besar-Kayu Agung disambut baik oleh para pengguna jalan tol, khususnya sopir truk angkutan barang.

Pasalnya, kondisi jalan lintas tengah Sumatera relatif lebih jauh dan memakan waktu lama.

Sedangkan jalan lintas timur saat ini kerap mengalami kendala.

Seperti beberapa waktu lalu, jalintim sempat putus akibat jembatan penghubung yang berada di perbatasan Lampung-Sumatera Selatan di Kabupaten Mesuji jebol.

“Kita senang kalau tol Terbanggi Besar-Kayu Agung bisa segera beroperasi. Karena akan mempercepat akses sampai ke Palembang,” terang Safri, sopir truk barang.

Warga Palembang ini mengatakan, terkendalanya jalinpantim beberapa waktu lalu telah menghambat distribusi barang.

Karena truk angkutan barang harus memutar melalui lintas tengah yang membuat waktu tempuh lebih lama.

Terkait tambahan biaya operasional untuk tol, Safri mengatakan itu sudah diperhitungkan oleh perusahaan. (Lia/sumber:gridoto)

loading...