Angkasa Pura 2

7 Hektar Lahan untuk Pelabuhan Pemalang

DermagaMinggu, 17 November 2019
images.jpeg-18

PEMALANG (BeritaTrans.com) – Pemerintah Kabupaten Pemalang terus mengupayakan pembangunan pelabuhan pengumpan lokal atau niaga. Lahan seluas 7 hektare untuk proyek tersebut sudah dipersiapkan di pesisir Lawangrejo atau sebelah barat muara TPI Tanjungsari.

Kepala Dinas Perhubungan Pemalang Fatah mengatakan, pelabuhan ini merupakan program dari Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Laut. Bersama Badan Pertanahan Negara (BPN) Pemalang pihaknya menyiapkan lahan dan dokumen.

“Pengukuran lahan dan segala macam sudah selesai tinggal menunggu sertifikat jadi. Kita sudah mendapatkan lahannya seluas 7 hektare. Sedangkan yang diminta oleh pihak Kementerian Perhubungan laut minimal 5 hektare harus tersedia,” katanya, kemarin.

Bersama Bappeda, pihaknya kini terus melengkapi persyaratan yang akan diajukan kepada Kementerian Perhubungan agar pembangunan pelabuhan itu dipercepat. Termasuk sedang dibuatkan Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

“Kita targetkan 2020-2021 bisa dibangun,” katanya.

Di lokasi yang direncanakan menjadi gerbang pelabuhan bahkan sudah terpasang gapura bertuliskan Pelabuhan Pemalang. Gapura tersebut berada di sisi jalur lingkar utara Pemalang.

Jika dilihat lokasinya, sambung Fatah, cukup strategis. Karena berada dalam kawasan koridor Pantai Utara Jawa. Mempunyai nilai ekonomi pada jalur perdagangan laut, baik regional maupun nasional. (Lia/sumber radartegal, foto:orangpemalang)

loading...