Angkasa Pura 2

KCI Tambah Petugas di Stasiun Jelang Natal dan Tahun Baru

EmplasemenSenin, 18 November 2019
images (4)

JAKARTA (BeritaTrans.com)Antisipasi lonjakan penumpang KRL Commuter Line di natal dan malam pergantian tahun baru, petugas stasiun dan loket pun ditambah.

“Kita menyiapkan petugas pengawal kereta api dengan kekuatan 1.444 personel yang sebelumnya 1.408 personel di posko-posko natal dan tahun baru di tiap stasiun,” ujar Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti, saat press conference di Juanda, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019).

Wiwik mengatakan, penambahan fasilitas itu nantinya ada di beberapa stasiun sibuk seperti Stasiun Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Jakarta Kota.

“Biasanya kami menyiapkan tenda layanan serta pengoperasian post mobile untuk loket dan penambahan petugas passenger service atau petugas loket di stasiun,” kata Wiwik.

Ia mengatakan, akan menambah jam operasional kereta rel listrik di beberapa lintas saat malam tahun baru. Misalnya, di Bogor Line, Bekasi Line, Tangerang Line, dan Serpong Line.

Meski demikian, Wiwik belum memastikan sampai jam berapa nantinya jam operasional perjalanan KRL tersebut akan ditambah. Pemberitahuan informasi ini nantinya akan disosialisasikan melalui media sosial, announcement di KRL dan stasiun-stasiun kereta api.

“Kami mengimbau agar masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal baru dan besaran tarif sesuai tujuan pengguna yang bisa dilihat di media sosial kami atau aplikasi KRL Access,” tuturnya.

Adapun mulai 1 Desember 2019, jumlah perjalanan layanan kereta rel listrik (KRL) commuter line di beberapa relasi pada setiap harinya ditambah.

Secara keseluruhan, jumlah perjalanan KRL setiap harinya secara bertahap akan mencapai 90 Loop dengan 1.057 perjalanan, dari sebelumnya 81 Loop yang berjumlah 945 perjalanan.

PT KCI akan memberlakukan penambahan jumlah perjalanan KRL pada triwulan pertama Desember awal sebanyak 80 Loop dengan 960 perjalanan KRL dan dengan total sarana KRL yang dioperasikan sebanyak 1.100 unit kereta.

Penambahan ini terus dilaksanakan secara bertahap berdasarkan hasil evaluasi perjalanan KRL hingga mencapai jumlah 1.057 perjalanan sesuai dengan program Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA 2019).

Pemberlakuan jadwal baru perjalanan KRL mengacu grafik perjalanan kereta api (GAPEKA) tahun 2017 yang sebelumnya telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. [dan/kompas.com/foto: ilustrasi]

loading...