Angkasa Pura 2

Pembangunan Pelabuhan Ajibata Toba Samosir Dikebut

DermagaSelasa, 19 November 2019
1571910903

TOBASA (BeritaTrans.com)- Proses pengerjaan proyek pembangunan Pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), yang dikerjakan PT Maybrat Lestari, untuk tahap III sedang digenjot. Bahkan, pimpinan proyek memberlakukan pekerjanya hingga lembur malam, dengan harapan segera selesai hingga Desember mendatang.

Demikian disampaikan Yudi di dampingi Pak Tunggul di Ajibata, Senin (18/11/2019).
“Saat ini sedang kita berpacu dengan waktu, hanya saja karena saat ini juga didaerah kita lagi musim hujan dan kadang cuaca tidak bersahabat, menjadi tantangan buat kita, akan tetapi, disaat hujan turun, kami bisa mengerjakan disekitar gedung yang saat ini dalam tahapan finising,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yudi mengatakan kejar ‘tayang’ pengerjaan proyek ini kadang terkendala karena cuaca yang kurang bersahabat karena pas lagi musim hujan.
Ads

“Akan tetapi, demi capaian target pekerjaan kita melakukan lembur (overtime) kepada semua pekerja, supaya proses pembangunan ini tetap berkesinambungan hingga finishingnya nanti,” ujarnya.

Tunggul menambahkan, progress pembangunan kios yang diperuntukkan kepada warga, sebahagian unit/lods sudah dalam tahap pengatapan, kemudian pembangunan kantor Basarnas juga sedang digenjot, pembuatan ponton untuk dermaga juga sedang dalam proses dan hampir rampung, kita harapkan semua berjalan dengan baik, dan tetap menjaga kuantitas dan kualitasnya.

Sebelumnya diberitakan pengerjaan proyek dermaga kapal bermotor dan kapal fery tersebut dinilai terkesan lambat, walau dananya milliaran rupiah dan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Padahal dermaga ini adalah bagian dari percepatan pembangunan mendukung program Badan Otorita Danau Toba.

Hal itu disampaikan warga setempat B Sinaga (52), Kamis (24/10/2019) di Ajibata, sembari menuntun telusur.co.id mengitari sejumlah proyek yang sedang berlangsung di dareah hamparan parkiran, pembangunan kios, pembangunan kantor Syahbandar, termasuk dermaga Fery Ajibata dan proyek lanjutan revitalisasi perkantoran operasional.

Jadi kalau kita lihat plang proyeknya, proyek ini adalah lanjutan pembangunan Labuhan Ajibata tahap III sampai dengan selesai. Pelaksana proyek PT Maybrat Lestari dengan nomor kontrak: PL.107/6/1/PPK.I/BPDT-II/VII/SP/Ajibata/2019 tertanggal 1 Juli 2019, dengan 180 hari kerja kalender, nilai kontrak Rp27.140.465.000 dan dtangani konsultan supervisi dari PR Delima Laksana Tata.

Jadi ada baiknya sistim pengerjaan proyek daerah dan proyek dari pusat itu dibedakan dengan cara kelola proyek kampung dan kami berharap proyek degan anggaran APBN seperti ini harus jauh lebih berkualitas dengan kuantitas yang lebih baik lagi,

(diwn/sumber: gosumut.com dan telusur.co.id/foto: telusur.co.id)