Angkasa Pura 2

Pesawat Finnair Pakai Biofuel dari Bekas Minyak Goreng

KokpitRabu, 20 November 2019
biofuel-crop

HELSINKI (BeritaTrans.com) – Pelanggan Finnair dapat menurunkan emisi karbon dioksida mereka dengan membeli bahan bakar penerbangan berkelanjutan?

Selama beberapa tahun sekarang, Finnair telah menerbangkan penggerak dan pengocok Silicon Valley ke acara utama teknologi dan start-up asal Finlandia, Slush. Tradisi berlanjut minggu ini. Satu-satunya perbedaan adalah, kali ini kami akan terbang menggunakan campuran bahan bakar penerbangan berkelanjutan 12 persen, mengurangi emisi karbon dari penerbangan dari San Francisco ke Helsinki, dengan BBM sekitar enam belas ton.

Penerbangan ini didukung oleh inisiatif penurunan karbon dari Finnair’s Push for Change. Bahan bakar penerbangan berkelanjutan saat ini tiga hingga lima kali lebih mahal daripada bahan bakar jet konvensional, tetapi pelanggan dapat menurunkan emisi karbon dioksida mereka dengan membelinya melalui Push for Change. Dengan kata lain, bahan bakar penerbangan berkelanjutan yang digunakan pada penerbangan Slush dibeli oleh pelanggan Finnair.

“Penerbangan berkelanjutan adalah tantangan yang tidak akan diselesaikan dalam semalam, tetapi tidak ada waktu untuk diboroskan, tindakan diperlukan hari ini,” kata kepala Keberlanjutan Finnair, Anne Larilahti. “Kita perlu melihat inovasi teknologi baru secara holistik dan datang bersama dengan mitra industri untuk bekerja menuju penerbangan netral karbon.”

“Finnair terus mencari cara yang lebih berkelanjutan untuk terbang dan berinvestasi dalam armada yang lebih efisien serta dalam inovasi baru, seperti inisiatif penerbangan listrik Nordic. Dalam perjalanan menuju terbang netral karbon, bahan bakar penerbangan berkelanjutan adalah bagian penting dari solusi jangka panjang untuk mengurangi emisi karbon dioksida.”

“Meskipun kami menyadari bahwa penerbangan memiliki masalah emisi, penting juga untuk mengingat banyak efek positif pada ekonomi dan masyarakat. Seringkali orang-orang dari berbagai belahan dunia hanya perlu berkumpul bertatap muka untuk membangun kepercayaan dan menciptakan sesuatu yang baru bersama. Slush adalah salah satu dari kesempatan itu, ”kata Larilahti.

“Sangat sedikit pemodal ventura akan berinvestasi di perusahaan baru tanpa terlebih dahulu bertemu dengan manajemen dan belajar untuk memercayai mereka.”

“Slush menyatukan startup dan komunitas teknologi di seluruh dunia, dan sangat masuk akal untuk terbang langsung ke sana. Di Finnair, kami ingin melakukan apa yang kami bisa untuk membantu mengurangi dampak karbon dioksida dari peristiwa penting ini, ”simpul Larilahti.

TENTANG BAHAN BAKAR AVIATION BERKELANJUTAN

Bahan bakar penerbangan berkelanjutan yang digunakan Finnair untuk penerbangan ini bersumber dan dipasok oleh SkyNRG dari kilang Paramount World Energy di Los Angeles. Itu terbuat dari minyak goreng bekas, menghasilkan bahan bakar yang memiliki emisi karbon lebih rendah secara signifikan daripada bahan bakar jet fosil.

SAF dipasok melalui infrastruktur pengisian bahan bakar SFO yang ada dan dapat digunakan oleh maskapai tanpa memerlukan modifikasi teknis untuk armada mereka saat ini.

Sumbet: bluewings.finnair.com

loading...