Angkasa Pura 2

Ahok Komisaris Utama Pertamina, Ini Gajinya

Energi FigurJumat, 22 November 2019
10222019192732

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Terjawab sudah teka-teki. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina.

“Basuki Tjahaja Purnama Komisaris Utama di Pertamina. Didampingi oleh pak Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin jadi Wakil Komisaris Utama di Pertamina,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Jumat (22/11).

Lihat juga: Erick Thohir Ingatkan Ahok Tak Ada Drama di BUMN
Selain dua nama di atas, Erick juga menyodorkan Emma Sri Martini, eks direktur utama Telkomsel. Emma ditunjuk menjadi Direktur Keuangan Pertamina menggantikan Pahala Nugraha Mansury.

Pergantian Pahala di Pertamina, sambung Erick, berkaitan dengan tugas barunya di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Pahala akan dibantu oleh Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama BTN.

Erick mengklaim nama-nama tersebut di atas sudah melalui Tim Penilai Akhir (TPA). “Saya hanya menyebutkan yang sudah melalui TPA. Yang tidak melalui TPA, saya tidak bisa komentar,” tegas dia.

Erick: Jangan Ada Drama

Erick Thohir menyatakan tak ingin ada drama atau perdebatan di BUMN. Pernyataan ini diberikannya usai mengumumkan penunjukkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

IMG_20191122_194311

“Saya tidak mau ada drama-drama di dalam perusahaan, misalnya komisaris utama menjelekkan direktur utama, direktur utama menjelekkan komisaris utama. Saya tidak mau, kita rapat bersama,” ucap Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/11).

Sekalipun ada perbedaan, Erick ingin penyelesaiannya tidak perlu diselesaikan dengan melempar pernyataan ke publik. Bahkan, hingga menjadi perbincangan lebih lanjut dari pihak-pihak lain.

“Kalau ada perbedaan, ayo kita duduk, karena tidak mungkin direksi berjalan tanpa dukungan komisaris. Komisaris bukan direksi,” katanya.

Untuk menghindari drama dan perdebatan antar pejabat di tubuh perusahaan negara, ia akan menyelenggarakan rapat bersama antar kedua pihak. Seluruh komisaris dan direksi akan duduk dalam satu rapat bersama dengannya.

“Dalam rapat bulanan untuk perusahaan BUMN saya akan lakukan langsung, di mana saya mengundang direksi utama dan komisaris utama secara bersamaan,” tandasnya.

Gaji Ahok di Pertamina

Sebagai Komisaris Utama (Komut) Pertamina yang pada 2018 mengelola aset hingga US$64,72 miliar, Ahok akan menerima gaji dan sejumlah tunjangan lainnya.

Dikutip dari laporan tahunan PT Pertamina 2018, honorarium yang diterima oleh komisaris utama besarannya adalah 45% dari gaji direktur utama Pertamina. Selain itu, komisaris di Pertamina menerima fasilitas di antaranya tunjangan hari raya, tunjangan transportasi, dan asuransi purna jabatan.

Selain itu, komisaris juga menerima fasilitas kesehatan dan fasilitas bantuan hukum.

Lantas berapa kira-kira gaji dan tunjangan yang bakal diterima Ahok?

Laporan tahunan Pertamina 2018 menyebutkan kompensasi manajemen kunci dan dewan komisaris yang dibayarkan oleh perseroan senilai US$47,27 juta hingga 31 Desember 2018. Jika dikonversi dengan asumsi kurs Rp14.000 per dolar, nilai itu sekitar Rp661,82 miliar.

Hingga akhir tahun lalu, jumlah direksi dan komisaris Pertamina jumlahnya sebanyak 19 orang yang terdiri dari 11 direksi dan 8 komisaris. Jika nilai kompensasi itu dibagi rata, setiap direksi dan komisaris Pertamina menerima sedikitnya Rp34,83 miliar per tahun.

Tugas dari jajaran komisaris di antaranya adalah menetapkan dan menelaah atas usulan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).

(jasmine/sumber: cnnindonesia.com dan solopos.com).

loading...